18.1 C
New York
Friday, May 10, 2024

Swedia Izinkan Aksi Demo dengan Membakar Al-Qur’an

Malmo, MISTAR.ID

Aksi unjuk rasa dengan melakukan pembakaran Al-Qur’an diperbolehkan oleh pihak berwenang Swedia, pada Jumat (3/5/24).

Polisi di Malmo, Swedia selatan mengeluarkan izin untuk unjuk rasa kontroversial tersebut di lapangan umum kota Gustavs Adolfs Torg. Demikian laporan media setempat, SVT Nyheter, pada Kamis (2/5/24).

Pihak berwenang belum menetapkan 2 permohonan lagi untuk demo yang sama minggu ini, yakni di pusat kota Malmo, pada Sabtu (4/5/24) dan di Rosengard, Minggu (5/5/24).

Baca juga:Al Quran Kembali Dibakar di Swedia Walaupun Telah Diprotes Banyak Negara

Demo dengan membakar Al-Qur’an di Swedia sudah memperburuk kemitraan diplomatik Stockholm dengan sejumlah negara mayoritas muslim. Organisasi Kerjasama Islam (OKI), meminta anggotanya untuk mengambil aksi politik dan ekonomi terhadap Swedia, Denmark dan negara-negara lain yang memperbolehkan pembakaran dan penodaan kitab suci umat Islam.

Unjuk rasa yang sama di Swedia dan Denmark, dengan alasan kebebasan berpendapat, juga telah memantik protes dan serangan terhadap misi diplomatik di negara-negara mayoritas muslim.

Sebagai respons, Denmark mengadopsi undang-undang pada bulan Desember lalu tak memperbolehkan pembakaran salinan Al-Quran di tempat umum. Swedia juga mempertimbangkan pilihan hukum yang memungkinkan polisi melarang protes serupa sebab alasan keamanan nasional.

Baca juga:Pembakaran Al Quran Marak di Swedia dan Denmark, OKI Gelar Rapat Luar Biasa Hari ini

Sementara itu, protes kontroversial pada Jumat (2/5/24) berlangsung kala terjadi Malmo bersiap menjadi tuan rumah pekan Eurovision Song Contest.

“Kini kami berada dalam kondisi yang membutuhkan sebagai tindakan pencegahan, untuk memastikan jika kami mempunyai keterampilan dan peralatan jika terjadi peristiwa serius,” kata Kepala Polisi Malmo, Petra Stenkula, bulan lalu dalam konferensi pers tentang situasi keamanan selama Eurovision.

Pihak berwenang Swedia sudah bermohon tindakan tambahan, termasuk polisi bersenjata lengkap dan penguatan dari 2 negara Nordik lainnya, Denmark dan Norwegia.

Baca juga:Diduga Akibat Pembakaran Alquran, PM Kristersson: Swedia Jadi Sasaran Prioritas

Lebih dari 20.000 orang dari beberapa negara Eropa dilaporkan bakal turun ke Malmo untuk memprotes partisipasi Israel dalam kontes lagu yang dimulai pada 7 Mei.

Malmo, kota terbesar ketiga di Swedia mempunyai populasi beragam lebih dari 360.000 orang dari 186 kebangsaan berbeda, termasuk komunitas muslim yang besar.

Tahun 2022, kota itu menyaksikan demonstrasi dan kericuhan besar-besaran pasca demo dengan membakar Al-Qur’an dilakukan politisi sayap kanan Swedia-Denmark, Rasmus Paludan. (sndws/hm16)

Related Articles

Latest Articles