27.3 C
New York
Monday, April 29, 2024

Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung Mundur

Taiwan, MISTAR.ID

Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung memilih mundur dari jabatan Menteri Kesehatan. Mundurnya Chen dilakukan untuk fokus pada pencalonannya sebagai Wali Kota Taipei pada pemilihan 26 November mendatang. Kemundurannya dilakukan sejak 14 Juli 2022.

Mengutip Focus Taiwan (https://focustaiwan.tw/politics/202207140010), Chen telah terpilih sebagai kandidat walikota Taipei dari Partai Progresif Demokratik (DPP). Ia pun telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Perdana Menteri Su Tseng-chang tidak lama setelah ditetapkan oleh DPP sebagai kandidat walikota Taipei.

Chen mengatakan dia akan tetap sebagai menteri kesehatan sampai penggantinya ditunjuk. Selain itu, ia juga akan menyerahkan tugasnya sebagai kepala Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC).

Baca juga:Perdana Menteri Sri Lanka Dilantik Jadi Plt Presiden

Chen, naik pangkat menjadi menteri kesehatan Taiwan sejak 2017. Namanya makin populer seiring pencegahan Covid-19 di Taiwan. CECC yang ia pimpin telah bekerja tanpa lelah untuk memerangi Covid-19 selama dua tahun terakhir. Chen pun mengatakan, meski jabatan itu tak diemban lagi oleh dirinya, dia yakin penggantinya akan terus memimpin tim dengan semangat yang sama.

Pengganti Chen
Sementara itu, juru bicara Kabinet Lo Ping-cheng mengatakan pada konferensi pers bahwa Kabinet akan mengumumkan secara terbuka pengganti Chen segera setelah keputusan dibuat.

Sumber-sumber Kabinet Anonim mengatakan kepada CNA bahwa pemerintah diperkirakan akan menunjuk pengganti Chen dalam satu pekan ini.

Chen kini berusia 68 tahun. Ia memulai karirnya dengan membuka praktik kedokteran gigi sebelum diangkat sebagai wakil menteri di Departemen Kesehatan pada 2005.

Dia tidak pernah mencalonkan diri untuk jabatan pemerintah, tetapi peran sentralnya dalam memimpin respons Covid-19 Taiwan mengubahnya menjadi sosok yang diharapkan oleh Taipei.

Baca juga:Baru Terpilih, Perdana Menteri Perempuan Pertama Swedia Langsung Mundur

Namun, masuknya Chen ke pemilihan walikota Taipei juga tidak sepi dari kritik. Ia telah banyak dikritik oleh partai-partai oposisi seperti Kuomintang (KMT), yang menuduhnya meninggalkan jabatannya sementara negara itu terus menghadapi infeksi Covid-19 lokal.

Dalam pemilihan walikota Taipei, Chen akan berhadapan dengan Legislator Chiang Wan-an dari KMT, dan kemungkinan Wakil Walikota Taipei Huang Shan-shan , yang belum mengumumkan pencalonannya. (nihaoindo/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles