15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Maine Diskualifikasi Donald Trump dari Pemilihan Primer

Keputusan ini diambil setelah sekelompok mantan legislator Maine mengatakan bahwa Trump seharusnya didiskualifikasi berdasarkan ketentuan Konstitusi AS yang melarang seseorang memegang jabatan jika mereka terlibat dalam ‘perlawanan terhadap pemerintah atau pemberontakan’ setelah sebelumnya bersumpah setia kepada Amerika Serikat.

Mantan legislator tersebut – Kimberley Rosen, Thomas Saviello, dan Ethan Strimling – mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Bellows ‘berdiri di pihak demokrasi dan konstitusi kita dalam keputusannya untuk melarang mantan Presiden Donald Trump dari daftar pemilihan Maine’.

Rosen dan Saviello keduanya adalah mantan senator negara bagian dari Partai Republik. Strimling adalah mantan senator negara bagian dari Partai Demokrat.

Baca Juga: AS Akan Kirim Paket Bantuan Militer ‘Terakhir’ ke Ukraina

Putusan ini hanya berlaku untuk pemilihan primer Maret di Maine, tetapi ini bisa memengaruhi status Trump untuk pemilihan umum November.

Keputusan ini kemungkinan akan menambah tekanan pada Mahkamah Agung AS untuk menyelesaikan pertanyaan tentang kelayakan Trump secara nasional berdasarkan ketentuan konstitusional yang dikenal sebagai Bagian 3 Amendemen Ke-14.

Mayoritas konservatif 6-3 di pengadilan itu termasuk tiga hakim yang dinominasikan oleh Trump.

Trump telah didakwa dalam dua kasus, federal dan di Georgia, karena perannya dalam upaya menggulingkan pemilihan 2020. Tetapi dia tidak diadili atas pemberontakan terkait serangan 6 Januari.

Ia masih memimpin hasil jajak pendapat dengan selisih yang besar dalam pencalonan presiden dari Partai Republik.

Related Articles

Latest Articles