29.7 C
New York
Friday, July 5, 2024

Kyriakos Mitsotakis Mendulang Suara di Pemilu Yunani  

Athena, MISTAR.ID

Pemilihan Umum (Pemilu) di Yunani, pada Minggu (25/6/23) berhasil dimenangkan Partai New Democracy yang dipimpin Kyriakos Mitsotakis.

Mitsotakis mendulang suara yang jelas sebesar 40,5 persen. Unggul telak dari partai kiri Syriza dipimpin mantan Perdana Menteri (PM), Alexis Tsipras, yang meraih suara 18 persen.

Dengan kemenangan itu, menjadi masa jabatan kedua bagi Mitsotakis. Dirinya pun akan melakukan reformasi besar, guna mengubah negara yang disebut dengan negeri para dewa ini.

Baca juga: Dengan 300 Orang Jadi Korban Tenggelamnya Kapal Migran Terburuk di Yunani, Pakistan Tetapkan Hari Berkabung

“Saya memiliki target dengan jabatan baru ini untuk bisa merubah Yunani. Reformasi secara besar-besaran akan dilakukan dengan singkat,” sebut lulusan Harvard ini.

Pria yang pernah berprofesi menjadi konsultan itu sukses membawa Yunani keluar dari pandemi Covid-19 dan mencatat pertumbuhan ekonomi yang kuat selama 2 tahun terakhir.

Sebelumnya Mitsotakis juga meraih kemenangan telak di pemilihan bulan Maret lalu. Hanya meraih 5 kursi parlemen, Mitsotakis tak mau membentuk koalisi, sehingga membuat sebanyak 9,8 juta pemilih kembali ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya.

Baca juga: 43 Tewas Akibat Tabrakan KA di Yunani, Kepala Stasiun Ditangkap

Sementara Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengucapkan selamat atas kemenangan Mitsotakis. Keduanya berharap, kerja sama dengan Yunani tetap berlanjut. (mi/hm16)

Related Articles

Latest Articles