11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

KTT G20 Usai, Para Pemimpin Negara Lanjut ke KTT APEC

Jakarta, MISTAR.ID

Setelah pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 rampung di Bali, para pemimpin dunia melanjutkan pertemuannya di Thailand untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2022.

KTT APEC 2022 merupakan KTT ketiga berturut-turut yang diselenggarakan di tengah konflik geopolitik atas perang di Ukraina,

Forum APEC yang akan diselenggarakan mulai Jumat (18/11/22) ini bertujuan untuk mempromosikan integrasi ekonomi regional yang diperkirakan akan didominasi oleh dampak perang Rusia di Ukraina.

Baca juga:Hadiri KTT G20 di Bali, Joe Biden Naik ‘The Beast’

Dilansir dari Al Jazeera, Presiden Indonesia, Joko Widodo; Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida; Presiden Prancis, Emmanuel Macron; dan PM Australia, Anthony Albanese adalah sejumlah pemimpin yang menghadiri pertemuan tersebut.

Sementara itu Presiden Amerika Serikat (AS), Joe biden disebut tidak dapat hadir dan akan diwakilkan oleh Wakil Presiden, Kamala Harris. Sedangkan Presiden Rusia, Vladimir Putin juga tidak hadir, seperti saat KTT G20. Kali ini, Putin akan diwakili oleh Deputi Pertama Perdana Menteri, Andrei Belousov.

Dalam acara pra-KTT, Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha mengatakan, pertemuan kali ini akan fokus pada “narasi perdagangan dan investasi baru” dan “kebutuhan untuk menghubungkan kembali rantai pasokan dan perjalanan serta jadwal keberlanjutan global”.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang bertolak menuju Bangkok melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, pada hari ini, Kamis (17/11/22). Dia mengatakan bahwa dirinya membawa misi khusus pada KTT APEC kali ini.

Baca juga:Pasang Spanduk Tolak KTT G20 di Bali, 7 Mahasiswa Ditangkap

Jokowi mengatakan misinya adalah mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

KTT APEC merupakan rangkaian terakhir KTT setelah Asean di Kamboja dan G20 di Bali, Indonesia. Hingga saat ini, APEC tercatat memiliki 21 anggota negara yang sebagian besar memiliki garis pantai ke Samudra Pasifik. (cnbc/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles