17.6 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Korsel, Chinda dan Jepang Sepakat Kurangi Polusi Plastik

Seoul, MISTAR.ID

Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan mengumumkan bahwa Korea Selatan, Cina, dan Jepang sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam menyelesaikan perundingan mengenai instrumen polusi plastik secara internasional.

“Ketiga negara sepakat untuk secara aktif mengambil bagian dalam negosiasi pengurangan polusi plastik yang akan berlangsung pada November di Busan untuk mencapai kemajuan nyata,” kata Menteri Lingkungan Hidup Kim Wan-sup dalam konferensi pers belum lama ini, dilansir dari katadata, Rabu (2/10/24).

Kesepakatan ini dibuat setelah para menteri dari ketiga negara mengadakan pertemuan tingkat menteri selama dua hari di pulau resor Jeju, Korea Selatan, pada Sabtu (28/9/24).

Baca juga: Mikroplastik Ditemukan di Air Awan

Mereka membahas cara untuk meningkatkan kerja sama trilateral dalam menghadapi tantangan lingkungan, termasuk polusi plastik, perubahan iklim, dan debu kuning.

Putaran kelima dan terakhir dari pertemuan Komite Negosiasi Antarpemerintah (INC) PBB mengenai polusi plastik dijadwalkan akan diadakan di kota pelabuhan bagian selatan Busan pada November.

Pertemuan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen yang mengikat secara hukum internasional mengenai polusi plastik.

Selain itu, ketiga negara juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam mengurangi tingkat debu kuning, khususnya melalui kemitraan dengan Mongolia. (katadata/hm20)

Related Articles

Latest Articles