11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kecelakaan KA Tewaskan 14 Orang di India Gara-gara Masinis Nonton Kriket

New Delhi, MISTAR.ID

Kecelakaan kereta api (KA) di negara bagian Andhra Pradesh, India, dan menewaskan 14 orang pada 30 Oktober 2023 lalu terjadi karena masinis kereta api lalai memberikan signal lantaran menonton pertandingan kriket di ponsel.

Kecelakaan maut itu terjadi ketika tuan rumah India bermain melawan Inggris dalam Piala Dunia Kriket satu hari.

“Kasus baru-baru ini di Andhra Pradesh terjadi karena baik masinis maupun asisten masinis teralihkan oleh pertandingan kriket,” kata Menteri Perkeretaapian India, Ashwini Vaishnaw, seperti dikutip ChannelNewsAsia dari agensi berita Press Trust of India, Senin (4/3/24).

Baca juga: Australia Diguncang Gempa

“Sekarang kami sedang menginstal sistem yang dapat mendeteksi gangguan semacam itu dan memastikan bahwa masinis dan asisten masinis sepenuhnya fokus pada mengoperasikan kereta,” kata dia.

Diketahui, ratusan juta warga India merupakan penggila kriket, dan menonton siaran langsung pertandingan Piala Dunia, yang dimenangkan tuan rumah.

Secara terpisah, pejabat memecat kepala stasiun dan tiga karyawan lainnya setelah kereta barang tanpa pengemudi melaju sejauh 70 kilometer pada bulan lalu, seperti yang dilaporkan Hindustan Times.

Mereka diberhentikan dari jabatannya karena kelalaian setelah sekitar 50 gerbong melaju sendiri selama hampir dua jam.

Baca juga: AS Dukung Gencatan Sejata Hamas-Israel Selama 6 Minggu

India memiliki salah satu jaringan kereta api terbesar di dunia dan telah mengalami beberapa bencana selama bertahun-tahun, yang terburuk pada tahun 1981 ketika kereta tergelincir saat menyeberangi jembatan di negara bagian Bihar, menewaskan sekitar 800 orang.

Pada bulan Juni 2023, tabrakan tiga kereta menewaskan hampir 300 orang di negara bagian Odisha.

Dalam beberapa tahun terakhir, India telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk meningkatkan jaringan dengan stasiun modern dan sistem sinyal elektronik. (CNA/hm22)

Related Articles

Latest Articles