24.8 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Kebakaran Hutan di Kanada Semakin Parah, Petugas Damkar Ditemukan Tewas

Kanada, MISTAR.ID

Petugas pemadam kebakaran (damkar) kedua telah meninggal dunia di Kanada saat negara itu berjuang dengan musim kebakaran terburuk yang pernah tercatat.

Seseorang yang tidak disebutkan namanya meninggal karena luka-lukanya saat memadamkan api di dekat Fort Liard di Wilayah Barat Laut pada Sabtu (15/7/23).

Kematian itu terjadi hanya beberapa hari setelah Devyn Gale yang berusia 19 tahun terbunuh saat bekerja di negara tetangga British Columbia.

Baca juga : Kebakaran Hutan Kanada Pengaruhi Kualitas Udara Buruk di AS

Hampir 900 kebakaran hutan saat ini terjadi di Kanada, dimana sekitar 580 di antaranya masih di luar kendali.

Kebakaran telah membakar lebih dari 10 juta hektar (24,7 juta hektar) lahan musim ini, menurut Pusat kebakaran hutan antar lembaga Kanada.

Jumlah tersebut merupakan rekor yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya dan lebih dari tiga kali rata-rata selama dekade terakhir.

Baca juga : Kebakaran Hutan Besar-besaran di Kanada Dipicu Suhu Ekstrem

Perdana Menteri, Justin Trudeau mengatakan pada Minggu (16/7/23) bahwa dia sangat sedih dengan berita bahwa petugas pemadam kebakaran telah meninggal dunia dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya.

Kematian Gale adalah yang pertama di negara itu sejak musim kebakaran dimulai di Kanada dan dilaporkan yang pertama di British Columbia sejak 2015.

Baca juga : Hutan di Kanada Dilanda Kebakaran Hebat, Perlu Lebih Diwaspadai

Belakangan, Trudeau mengatakan warga Kanada harus mengingat risiko yang diambil para pahlawan ini setiap kali mereka berada dalam bahaya.

“Kepada petugas pemadam kebakaran di seluruh negeri yang melakukan hal itu untuk menjaga kami tetap aman: Terima kasih banyak. Kami terinspirasi oleh keberanian Anda dan terima kasih atas layanan Anda,” tuturnya. (okz/hm18)

Related Articles

Latest Articles