19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Keamanan Masjid Indonesia di London Diperketat

London, MISTAR.ID

Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya, mengungkapkan bahwa keamanan di sekitar masjid Indonesia di London diperketat menyusul kerusuhan yang menargetkan Muslim dan masjid di berbagai wilayah Inggris. Desra memastikan bahwa Indonesia Islamic Center (IIC) di London aman dari kerusuhan yang terjadi.

“Kita lakukan pengetatan ekstra dan alhamdulillah [aman]. Jangan sampai terjadi (kerusuhan di masjid Indonesia),” kata Desra, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (6/8/24).

Masjid Indonesia yang pertama di Inggris ini terletak di kawasan Neasden, London, dan telah dibuka sejak 2022 setelah Yayasan Indonesian Islamic Centre (IIC) membeli dan mengalihfungsikan bangunan bekas gereja.

Desra juga memberikan informasi mengenai kondisi warga negara Indonesia (WNI) di Inggris. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London terus berkomunikasi dengan WNI di Inggris untuk memastikan keamanan mereka.

Hingga saat ini, tidak ada WNI yang terdampak oleh kerusuhan tersebut. Desra menambahkan bahwa KBRI London menyediakan hotline dan platform media sosial bagi WNI yang ingin melaporkan situasi dan kondisi mereka.

Baca juga: Unjuk Rasa Berakhir Rusuh di Inggris, Massa Melempari Masjid

Kerusuhan di Inggris dipicu oleh penikaman massal di Southport, Merseyside, yang menyebabkan tiga anak-anak tewas dan 10 orang lainnya terluka. Kelompok sayap kanan memanfaatkan kemarahan warga dengan menyebarkan informasi palsu yang menyebut pelaku sebagai warga Muslim dan imigran.

Protes dan kerusuhan kemudian meluas ke berbagai kota seperti Liverpool, Sunderland, dan Belfast di Irlandia Utara.

Pemerintah Inggris telah berjanji untuk menghukum para pelaku kerusuhan dengan hukuman yang setimpal, sebagai bagian dari upaya untuk meredakan ketegangan dan menjaga ketertiban di negara tersebut. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles