21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Kabar Gembira! Vaksin Virus Corona Siap September

London, MISTAR.ID

Vaksin untuk melawan virus corona akan siap pada bulan September, menurut seorang ilmuwan yang memimpin salah satu tim paling ahli di Inggris.

Sarah Gilbert, profesor vaksinasiologi di Universitas Oxford, mengatakan kepada The Times pada Sabtu (11/4/20) ia 80 persen yakin, bahwa vaksin itu akan bekerja, dan dapat siap pada bulan September.

Para ahli telah menjelaskan pada masyarakat, bahwa vaksin biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikembangkan, dan untuk virus corona bisa memakan waktu paling lama antara 12 hingga 18 bulan.

Namun, dalam kasus tim Oxford, “Ini bukan hanya dugaan, dan setiap minggu berlalu, kami memiliki lebih banyak data untuk dilihat,” kata Gilbert kepada koran London.

Tim Gilbert adalah satu dari belasan tim di seluruh dunia yang mengerjakan vaksin dan merupakan yang paling maju di Inggris, katanya kepada Times.

Ketika negara itu tampaknya akan memulai minggu keempatnya di bawah perintah lockdown, dan sebuah vaksin bisa menjadi sebuah dasar untuk lanhkah pencegahan dan kembali ke kehidupan normal. Gilbert mengatakan uji coba manusia akan dimulai dalam dua minggu ke depan.

Pernyataannya muncul ketika jumlah korban tewas akibat virus tersebut telah melampaui 100.000 orang secara global.

Pada hari Jumat, Inggris melaporkan 980 kematian, dengan jumlah total dari virus menjadi 8.958, dan pemerintah telah berulang kali meminta masyarakat untuk mematuhi aturan isolasi diri selama libur panjang akhir pekan Paskah.

Ketika Perdana Menteri Boris Johnson memulai pemulihannya setelah menjalani perawatan intensif, Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah, memperingatkan bahwa dia memperkirakan jumlah kematian akan meningkat selama “beberapa minggu”.

Memproduksi jutaan dosis vaksin yang diperlukan bisa memakan waktu berbulan-bulan. Gilbert mengatakan dia sedang berdiskusi dengan pemerintah Inggris tentang pendanaan, dan memulai produksi sebelum hasil akhirnya, dan memungkinkan masyarakat untuk mengakses vaksin segera jika itu terbukti bekerja.

Dia mengatakan ini akan disebut sebagai kesuksesan pada musim gugur “jika semuanya berjalan dengan sempurna”.*

Sumber : Bloomberg
Penerjemah : Julyana Ang
Editor : Herman

Related Articles

Latest Articles