10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Joe Biden Bakal Umumkan Nyapres di Pilpres AS 2024

Washington DC, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, disebut akan mengumumkan pencalonan kembali dirinya dalam pemilu presiden (Pilpres) AS 2024. Menurut dua sumber yang mengetahui kabar ini, pengumuman pencalonan diri Biden akan disampaikan pada Selasa (25/4/23)
melalui video.

Meski demikian, sumber itu juga mengatakan bahwa kemungkinan waktu deklarasi Biden yang saat ini berusia 80 tahun masih bisa berubah sewaktu-waktu. Pekan lalu Biden menyatakan sudah menyelesaikan penghitungan mengenai pencalonan kembali dirinya
dan bakal segera mengumumkan niat itu.

“Saya sudah membuat perhitungan itu. Kami akan mengumumkannya segera,” kata Biden saat meninggalkan Irlandia, dikutip dari media. Dia menambahkan, “Sudah saya katakan bahwa rencana saya adalah mencalonkan diri kembali.”

Baca juga: Resmi! Cucu Perempuan Joe Biden Menikah di Gedung Putih

Biden adalah presiden tertua sepanjang sejarah Amerika. Ia bakal berusia 86 tahun di akhir masa jabatan periode kedua, apabila kembali terpilih dalam pilpres mendatang.

Menurut jajak pendapat media pada Minggu (16/4/23), Biden hanya mendapat skor 39 persen dukungan dari warga Amerika. Survei itu dibuat sejak 21 Januari 2021 hingga 16 April 2023, dengan terus mengalami pembaruan setiap bulan.

Dukungan pencalonan kembali untuk Biden pun sebenarnya tak berjalan mulus. Sekitar 45 persen perwakilan Partai Demokrat menilai Biden tidak boleh mencalonkan diri lagi pada Pilpres 2024, sementara 48 persen sisanya mendukung sang presiden maju kembali.

Baca juga: Tidak Ada Dokumen Rahasia pada Penyelidikan FBI di Rumah Presiden Joe Biden

Biden diperkirakan bakal bertemu dengan penggalang dana sukarelawan terkemuka yang pernah menyokong kampanye terakhirnya. Mereka bakal menjadi kunci atas pemilihan presiden AS, yang diduga akan menelan anggaran besar dan mahal hingga saat ini.

Berbeda dengan kampanye 2020 yang dilakukan secara virtual karena pandemi, kampanye 2024 bakal mewajibkan capres melakukan lawatan ke beberapa negara bagian utama yang tersebar di seluruh negeri, dari Arizona hingga Pennsylvania. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles