11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Jepang Murka China Setop Visa Warganya

Tokyo, MISTAR.ID

Jepang murka atas kebijakan China soal penyetopan visa terhadap warganya. Bahkan, Jepang langsung melayangkan protes kepada China karena menghentikan pemberian visa kepada warganya.

Menurut Jepang, penghentian itu tak beralasan kuat karena tidak berkaitan dengan Covid-19.

“Sangat disayangkan China secara sepihak mengambil tindakan menghentikan visa atas alasan-alasan yang tak berkaitan dengan corona,” ujar Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno seperti dikutip media, Kamis (12/1/23).

Baca Juga:Kematian Akibat Covid-19 di Jepang Lampaui 60.000 Jiwa

Matsuno melayangkan protes itu setelah Kyodo News mendapatkan kabar mengenai penghentian pemberian visa itu dari sejumlah sumber industri perjalanan Jepang.

Tak dijelaskan lebih lanjut mengenai alasan China menghentikan pemberian visa itu.

Namun, China mengambil keputusan ini setelah sempat mengancam bakal mengambil tindakan balasan terhadap negara-negara yang memperketat aturan masuk bagi pelancong dari Negeri Tirai Bambu.

China menganggap keputusan itu diskriminatif karena hanya menargetkan para pendatang dari negaranya.

Jepang sendiri memang memperketat aturan masuk bagi pendatang dari China karena lonjakan kasus Covid-19 di negara pimpinan Presiden Xi Jinping itu.

Sehari sebelumnya, China juga menyetop pemberian visa bagi warga Korea Selatan, negara yang juga memperketat aturan masuk bagi warga Negeri Tirai Bambu.

Kedutaan Besar China di Korea Selatan menyatakan bakal menyetop layanan visa jangka pendek bagi warga Seoul sampai pembatasan masuk yang diskriminatif terhadap China dicabut.(cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles