13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Jembatan di Baltimore Runtuh Ditabrak Kapal Kontainer, Selusin Mobil Tercebur ke Sungai

Baltimore, MISTAR.ID

Regu penyelamat bekerja keras dalam upaya menyelamatkan nyawa puluhan orang yang terjatuh ke dalam air dingin Sungai Patapsco setelah Jembatan Francis Scott Key, Baltimore,  Maryland, Amerika Serikat, runtuh akibat ditabrak kapal kontainer, Selasa (26/3/24) dini hari waktu setempat.

Laporan awal menyebutkan, setidaknya sekitar selusin mobil terjun bebas ke dalam air bersuhu sekitar 8 derajat Celcius tersebut, ditambah sekitar 20 pekerja konstruksi yang sedang bekerja di jembatan pada saat kejadian.

Selain itu juga dilaporkan adanya ledakan pada kapal bertabrakan dengan jembatan, membuat kontainer-kontainer, beton yang sedang dituangkan ke jalan, serta solar membanjiri air.

Kapal yang menabrak jembatan adalah Dali, kapal kontainer bendera Singapura sepanjang sekitar 289 meter, yang dapat dilihat di situs pelacakan kapal berada dalam posisi diam di bawah jembatan setelah kecelakaan.

Baca juga: Hubungan Biden – Netanyahu Memburuk Pasca Resolusi Gencatan Senjata DK PBB

Menurut pemilik kapal, seluruh kru kapal dalam keadaan selamat tanpa ada yang cedera.

Beberapa kapal yang ditandai sebagai kapal pencarian dan penyelamatan Guardia Pesisir mengelilingi kapal sekitar pukul 3 pagi waktu Timur.

Momen mengejutkan ketika jembatan setinggi 55 meter di atas sungai, tersebut runtuh.

Direktur Komunikasi Departemen Pemadam Kebakaran Baltimore, Kevin Cartwright menyebut, situasi itu sebagai keadaan darurat serius.

“Kami menerima beberapa panggilan 911 sekitar pukul 1:30 pagi (12.30 WIB), bahwa sebuah kapal menabrak Jembatan Key di Baltimore, menyebabkan keruntuhan. Ini adalah sebuah insiden massal dan kami sedang mencari tujuh orang yang berada di sungai,” kata Cartwright kepada Reuters.

Sekitar 30.000 kendaraan melintas jembatan tersebut setiap hari.

“Fokus kami sekarang adalah mencoba menyelamatkan dan memulihkan orang-orang ini,” sambungnya.

Cartwright mengatakan, diduga ada beberapa kargo atau pengunci tersangkut ke jembatan, membuat kondisinya tidak aman dan tidak stabil.

Baca juga: Kedatangan Rudal Jelajah, Polandia Minta Penjelasan Rusia

Siaran langsung menunjukkan bencana tersebut terjadi, ketika kapal menabrak tumpukan yang menopang bagian tengah jembatan. Jalan dan lengkungan baja segera roboh ke air.

Kapal Dali menuju ke Colombo, Sri Lanka. Belum diketahui pasti muatan apa yang sedang dibawa. Kapal tersebut dijadwalkan tiba di Asia pada tanggal 27 April. Saat ini, kapal dengan lebar 50 meter itu terdampar di bawah jembatan.

Kapal Dali tiba di Baltimore dari Norfolk pada hari Senin setelah sebelumnya melakukan perjalanan ke New York City dan Panama.

Jembatan sepanjang 1,6 mil, yang merupakan bagian dari I-695, melintasi Sungai Patapsco di pelabuhan Baltimore. Dibangun pada tahun 1977, jarak utama jembatan truss tersebut adalah sepanjang 1.200 kaki (365,76 meter), merupakan yang terpanjang ketiga di dunia dari jenis truss kontinu.  (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles