13.8 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Ini Alasan Korut Luncurkan Rudal Lewati Jepang

Pyongyang, MISTAR.ID

Pemerintahan Korea Utara yang dipimpin Kim Jong Un buka suara soal peluncuran rudal melewati Jepang yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

Kementerian Luar Negeri Korut mengungkapkan peluncuran rudal yang mereka lakukan “hanyalah tindakan balasan dari Militer Rakyat Korea [Korut] terhadap latihan bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan.”

“DPRK [Korut] melihat AS membawa ancaman serius untuk kestabilan situasi di Semenanjung Korea dan di sekitarnya karena menempatkan kembali gugus tugas kapal induk di perairan Semenanjung Korea,” demikian pernyataan Kemlu Korut pada Kamis (6/10/22), dikutip dari AFP.

Pernyataan Korut ini merujuk pada keputusan AS untuk menempatkan kembali kapal induk USS Ronald Reagan ke Semenanjung Korea. Kapal itu merupakan kapal bertenaga nuklir.

Selain itu, Korut berpendapat latihan militer gabungan antara Washington dan Seoul dalam beberapa pekan terakhir “meningkatkan tensi militer di Semenanjung Korea.”

Baca Juga:Protes Uji Rudal Korut, Korsel dan AS Tembakkan Rudal ke Laut

Sebagaimana diberitakan AFP, Korut beberapa kali meluncurkan rudal selama sepekan terakhir.

Pada Kamis (6/10/22), Korut meluncurkan dua rudal untuk merespons latihan militer antara AS dan Korsel.

Militer Korsel menuturkan kedua rudal itu merupakan rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan dari Samsok, Pyongyang, menuju Laut Timur atau Laut Jepang.

Baca Juga:35 Tahanan di 2 Penjara Perempuan Korut Tewas Akibat Kelaparan

Pada Selasa (4/10/22), Korut juga menguji rudal balistik. Rudal balistik kala itu memiliki jarak tempuh menengah dan melintasi Jepang.

Akibat peluncuran ini, pemerintah Jepang meminta warganya untuk berlindung. Korsel dan AS kemudian merespons peluncuran ini dengan latihan militer bersama dan melakukan uji coba beberapa rudal.(cnnindonesia.com/hm01)

 

Related Articles

Latest Articles