20.2 C
New York
Thursday, August 22, 2024

India Mulai Kembangkan Vaksin Mpox

New Delhi, MISTAR.ID

Serum Institute of India (SII), produsen vaksin utama di India tengah mengembangkan vaksin Mpox. Diharapkan tercapai hasil positif dalam waktu satu tahun.

“SII sedang berupaya mengembangkan vaksin untuk penyakit ini untuk menyelamatkan jutaan jiwa yang mungkin terancam. Mengingat wabah Mpox yang telah menyebabkan keadaan darurat kesehatan global,” kata CEO SII Adar Poonawalla pada Rabu seperti dilaporkan surat kabar The Times of India yang dilansir, Kamis (22/8/24).

Pemerintah India mengeluarkan rekomendasi untuk mengisolasi orang-orang yang diduga terinfeksi Mpox dengan seperangkat pedoman yang harus patuhi.

Pemerintah India juga menginstruksikan Institut Virologi Nasional (NIV) untuk menguji sampel virus.

Baca juga: WHO Rekomendasi Vaksin Terarah Atasi Mpox

“Vaksin yang tersedia menunjukkan sekitar 80% kemanjuran. Namun, vaksin hidup yang dilemahkan mungkin lebih baik untuk diberikan kepada orang yang rentan. Sehingga strategi pemberian vaksinasi massal tidak akan diperlukan,” kata Raman Gangakhedkar, direktur yang bertanggung jawab atas National AIDS Research Institute di India.

Mpox merupakan penyakit menular langka yang dapat menyebar antarmanusia. Mpox dikenal sebagai cacar monyet.

Penyakit ini biasanya merupakan penyakit ringan yang dapat disembuhkan tetapi sebagia orang bisa terjadi komplikasi.

Gejala awal Mpox meliputi demam, sakit kepala, nyeri punggung, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan dan menggigil. Pada wajah akan muncul ruam dan selanjutnya menyebar ke bagian tubuh lainnya. (mtr/hm25)

Related Articles

Latest Articles