11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

ICC Keluarkan Surat Penangkapan Dua Jenderal Rusia

NoKyiv, MISTAR.ID

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan perintah penangkapan terhadap dua jenderal Rusia. Keduanya adalah Letjen Sergei Ivanovich Kobylash, yang merupakan Komandan Penerbang Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia, dan Laksamana Viktor Kinolayevich Sokolov, yang menjabat sebagai Komandan Laut Hitam Rusia. Mereka dituduh terlibat dalam serangan terhadap infrastruktur sipil di Ukraina.

“Telah saya tegaskan berulang kali bahwa mereka yang bertanggung jawab atas tindakan yang berdampak pada warga sipil yang tidak bersalah harus menyadari bahwa tindakan ini terikat oleh serangkaian aturan dalam hukum humaniter internasional,” kata Jaksa ICC, Karim Kham, Jumat (8/3/24).

Baca juga: Roket Rusia Hantam Ukraina Saat Zelensky dan PM Yunani Bertemu

“Setiap perang memiliki aturan. Aturan tersebut mengikat semua orang, tanpa terkecuali,” tambahnya.

Berdasarkan bukti yang ada, pengadilan menyatakan ada alasan masuk akal jika kedua jenderal tersebut bertanggung jawab atas serangan rudal yang dilakukan oleh pasukan di bawah komando keduanya. Dimana, infrastruktur listrik di Ukraina rusak mulai dari be10 Oktober 2022 hingga 9 Maret 2023.

“Selama periode tersebut, terdapat dugaan serangan terhadap sejumlah pembangkit listrik dan gardu induk, yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia di beberapa lokasi di Ukraina,” demikian disampaikan dalam laporan pengadilan.

Menyikapi surat perintah penangkapan ICC, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan bahwa surat tersebut harus menjadi peringatan bagi pejabat Rusiaq lainnya.

“Setiap komandan Rusia yang memberikan perintah untuk melakukan serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur Ukraina harus menyadari bahwa keadilan akan ditegakkan,” tulis Zelensky dalam X. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles