19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Hewan Misterius Mirip Babi Terekam Kamera Sedang Berjalan di Palung Atacama

Palung Atacama, MISTAR.ID

Makhluk misterius mirip babi terekam kamera sedang berjalan di laut dalam selama ekspedisi di Palung Atacama, sebuah formasi sedalam 8.000 meter yang membentang di sepanjang Peru dan Chili. Ekspedisi ini dilakukan menumpangi kapal R/V Falkor milik Schmidt Ocean Institute.

Selain babi laut, peneliti juga menemukan rembesan dingin (cold seeps) terdalam dan paling utara di Chile di kedalaman 2.836 meter. Cold seeps adalah area di mana hidrokarbon seperti metana membentuk gelembung di sepanjang dasar laut.

Semakin dalam orang menyelam, semakin sulit untuk menemukan cold seeps. Semua bukti memperlihatkan bahwa cold seeps itu merupakan rembesan metana, sebuah fenomena yang terjadi di sepanjang zona subduksi, yakni dua lempeng tektonik bertabrakan dan saling menekan satu sama lain.

Baca juga : Ribuan Penguin Mati Misterius di Antartika

Disebut, Metana dapat menjadi sumber daya bagus untuk hewan laut dalam seperti kerang, lobster, dan cacing tabung. Ini karena gas metana memberi makan bakteri yang menjadi makanannya.

“Mikroba yang hidup di rembesan ini memiliki strategi luar biasa untuk dapat menghasilkan makanan tanpa sinar Matahari,” ujar pemimpin ekspedisi dari Stockton University, New Jersey, Dr Lauren Sayler, Senin (24/6/24).

Hingga saat ini, masih banyak misteri yang belum terungkap di laut dalam tersebut. Penemuan hewan misterius di sana memberikan informasi penting kepada para peneliti untuk memahami bagaimana organisme bisa bertahan di kondisi sangat ekstrim.

Related Articles

Latest Articles