26.6 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Hakim Florida memutuskan menolak Permohonan Disney Melawan DeSantis

Wilmington, MISTAR.ID

Seorang hakim Florida pada hari Jumat menolak permintaan Walt Disney Co (DIS.N) untuk membatalkan gugatan distrik pengawasan, sebuah langkah yang dapat mempersulit raksasa hiburan itu untuk mengejar tuntutannya sendiri. Kasus tersebut adalah kasus yang melawan Gubernur Ron DeSantis. Sebuah perseteruan yang sudah berlangsung selama setahun.

Putusan tersebut memungkinkan pengawas distrik untuk melanjutkan kasusnya yang berupaya untuk membatalkan “kesepakatan ruang belakang” yang menguntungkan Disney. Jika kesepakatan itu dibatalkan, distrik tersebut akan menghapus kasus federal Disney terhadap DeSantis.

Pertempuran dimulai tahun lalu setelah Disney mengkritik undang-undang Florida yang melarang diskusi kelas tentang seksualitas dan identitas gender dengan anak-anak yang lebih muda. DeSantis, yang mencalonkan diri untuk nominasi presiden dari Partai Republik, telah berulang kali menyerang “membangunkan Disney” dalam pernyataan publik.

DeSantis mengumpulkan anggota parlemen untuk meloloskan RUU yang membentuk kembali distrik tersebut sebagai Distrik Pengawasan Pariwisata Florida Tengah dan mengalihkan kekuasaan dewan kepada gubernur dari Disney. Anggota parlemen  secara surut membatalkan perjanjian yang dicapai Disney dengan dewan sebelumnya yang kemudian menjadi Distrik Peningkatan Reedy Creek yang sebelumnya dibawa di bawah kendali DeSantis.

Baca juga:Disney dan “Avatar” Canangkan Kampanye “Keep Our Oceans Amazing”

Meski demikian, Seorang juru bicara Disney mengatakan keputusan itu “tidak ada kaitannya” dengan gugatan federal yang berusaha untuk “membenarkan hak konstitusional Disney.”

“Kami sepenuhnya yakin Disney akan menang dalam kasus federal dan negara bagian,” kata juru bicara itu melalui email.

Seorang juru bicara distrik pengawas menolak berkomentar.

Disney mengajukan gugatannya pada bulan April terhadap gubernur di pengadilan federal. Mereka mengklaim DeSantis “mempersenjatai” pemerintah negara bagian terhadap perusahaan karena menyerang undang-undang diskusi gender di kelas.

Baca juga:Wajib Masker Ketika Disneyland Paris Dibuka Kembali

Disney meminta pengadilan federal untuk mencegah negara bagian menegakkan undang-undang yang diarahkan pada perusahaan dan untuk mengembalikan perjanjian pengembangan yang menguntungkan Disney yang dibuat dengan dewan distrik sebelumnya.(reuters/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles