22.9 C
New York
Sunday, May 26, 2024

Gedung Putih Yakin Trump Tidak Terpapar Covid-19

Washington, MISTAR.ID

Gedung putih tidak mengkhawatirkan Presiden Trump terpapar Covid-19 pasca pertemuan dengan pejabat Brazil yang belakang positif covid-19. Seketaris Press Gedung Putih, Stephanie Grisham meyakini Trump dan wakilnya Pence tidak berinteraksi dengan orang yang positif terpapar Covid-19.

“Baik itu presiden dan wapres hampir sama sekali tidak berinteraksi dengan orang yang positif terpapapar virus corona dan tidak dianjurkan untuk melakukan tes saat ini,” jelas Grisham Selasa pekan lalu.

Grisham menjelaskan, tidak perlu dilakukan pemeriksaan kepada Trump dan Pence apalagi sampai melakukan karantina sebagai tindakan pencegahan.

“Tidak ada gejala sama sekali, dan hanya orang berdekatan secara terus menerus dengan yang positif terpapar virus lah yang harus melakukan karantina diri” kata Grisham.

Seperti diberitakan sebelumnya, juru bicara Kepresidenan Brazil Fabio Wajngarten teruji positif Covid-19 pasca menemani Presiden Brazil Jail Bolsonari ke resor milik Trump, Mar-a Lago Resort dan ikut berfoto bersama Wapres Mike Pence.

Setelah pertemuannya dengan para delegasi dari Brasil, Trump menjamu sebuah acara makan malam untuk Presiden Bolsonaro dan seluruh pengikutnya. Saat jamuan makan itu, memeang Wapres Pence tidak ikut menghadiri acara . Fabio juga singgah ke acara ulang tahun penasihat kampanye Trump, Kimberly Guifoyle.

Kekhawatiran Trump terpapar Covid-19 berdasarkan penyataan Dr Thomas File dari Infectious Diseases Society of America. Dia mengatakan, siapa saja yang berada di jarak sekitar 5 kaki dari seorang yang terinfeksi selama 5 menit atau lebih berpotensi terpapar virus tersebut.

Disarankan kepada mereka yang terpapar untuk tetap berada di dalam rumah dan memonitor kondisi tubuh selama 14 hari kedepan. Dan jika mereka menunjukkan gejala, harus dilakukan uji kesehatan kepada mereka.
Berbeda dengan Trump dan Pence, Senator Florida, Rick Scott mengumumkan pada Kamis lalu,dia telah melakukan karantina diri setelah melakukan kontak dengan Fabio.

Sumber : boston.com
Editor : mahadi
Penterjemah : juliana ang

Related Articles

Latest Articles