16.5 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Dua Negara Ini Larang Aparat Kepolisian Bawa Senpi Saat Bertugas

Wellington, MISTAR.ID

Ada dua negara di dunia diketahui melarang aparat kepolisian mereka untuk membawa senjata api saat bertugas. Kedua negara tersebut adalah Selandia Baru dan Islandia karena kedua negara dikenal sebagai negara dengan tingkat keamanan tertinggi.

Negara-negara ini memiliki Indeks Perdamaian Global (Global Peace Index/GPI) yang sangat tinggi. Artinya, keamanan dan kestabilan sangat baik di kedua negara.

Indeks Perdamaian Global adalah laporan yang mengukur keamanan suatu negara berdasarkan 23 indikator, termasuk konflik kekerasan internal dan eksternal, ketidakpercayaan, ketidakstabilan politik, aksi teror, hingga jumlah pembunuhan. Laporan ini dirilis setiap tahun oleh Institut Ekonomi dan Perdamaian.

Kemudian ada Islandia. Menurut World Population Review, Sabtu (24/8/24), petugas polisi di Islandia tidak membawa senjata api saat bertugas, hanya membawa semprotan merica dan tongkat.

Baca juga: Selandia Baru Diguncang Gempa Magnitudo 6.0

Meskipun demikian, negara ini memiliki tingkat kepemilikan senjata yang tinggi, dengan satu dari tiga orang di negara ini memiliki atau dapat mengoperasikan senjata api. Namun, senjata umumnya hanya digunakan untuk berburu, sehingga tingkat kejahatan di Islandia sangat rendah.

Islandia juga dikenal sebagai negara teraman di dunia dengan skor GPI tertinggi, yaitu 1.124 pada tahun 2023, mempertahankan posisi ini selama 14 tahun berturut-turut.

Dilansir dari CNN Indonesia, polisi di sini hanya diizinkan membawa senjata dalam situasi perlindungan diplomatik atau keadaan darurat keamanan tertentu.

Selandia Baru menempati peringkat keempat dalam daftar negara teraman dunia, dengan skor GPI 1.313, dan juga memiliki tingkat kejahatan yang rendah.

Selain Islandia dan Selandia Baru, ada 17 negara lain yang juga menugaskan polisi tanpa senjata api, termasuk Botswana, Fiji, Irlandia, Norwegia, dan Inggris (kecuali Irlandia Utara). (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles