14.7 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Dua Drone Misterius Dijatuhkan Alat Rusia di Dekat Moskow

Rusia, MISTAR.ID

Rusia mengumumkan sistem pertahanan udaranya berhasil menembak jatuh dua drone misterius di dekat Moskow pada Selasa (4/7/23) waktu setempat. Tidak ada korban luka yang dilaporkan dalam insiden tersebut.

Seperti diberitakan AFP, Selasa (4/7/23), asal dan pemilik drone yang jatuh masih menjadi misteri atau belum diketahui secara jelas. Dua drone ditembak jatuh saat terbang masing-masing di atas wilayah Moskow Baru dan wilayah metropolitan Moskow, di sekitar ibu kota Moskow.

“Dua drone dinonaktifkan oleh perangkat peperangan elektronik,” kata Dinas Pertahanan Sipil Rusia dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita TASS.

Baca juga: CIA Nilai Perang Rusia-Ukraina Dapat Hancurkan Kekuasaan Putin

Dalam sebuah laporan oleh kantor berita Rusia lainnya, RIA Novosti, mengutip layanan penyelamat mengatakan bahwa dua drone ditembak jatuh di dekat desa Valuevo di wilayah Moskow Baru. Dikatakan juga bahwa dua drone jatuh di “lapangan terbuka”.

Menurut laporan TASS, drone kedua ditembak jatuh di wilayah Kaluga, sekitar 190 kilometer dari ibu kota Moskow.

Menurut informasi sebelumnya dari TASS, tiga drone ditembak jatuh saat terbang ke ibu kota Moskow.

Baca juga: Rusia Umumkan Operasi Anti Teroris

TASS juga mengutip sumber tanpa nama yang mengatakan bahwa tiga drone yang jatuh semuanya adalah jenis drone fixed-wing. TASS menambahkan bahwa tidak ada korban luka dalam insiden tersebut.

Laporan TASS dan RIA Novosti tidak menyebutkan asal drone tersebut.

Namun, diketahui bahwa sejak invasi ke Ukraina dimulai, kota-kota Rusia telah dilanda serangkaian serangan pesawat tak berawak. Serangan drone telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Rusia Cari 7 Juta Tentara Profesional Jaga Keamanan Negara

Ibu kota Moskow dan daerah sekitarnya, sekitar 500 kilometer dari perbatasan Ukraina, menjadi target yang relatif sedikit di masa lalu.

Pada awal Mei, dua drone ditembak jatuh setelah terbang di atas gedung Kremlin. Di bulan yang sama, beberapa drone menabrak gedung pencakar langit di ibu kota Moskow. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles