18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dipicu Banjir dan Longsor, Jepang Evakuasi 75 Ribu Warganya

Tokyo, MISTAR.ID

Hujan lebat di kawasan barat Negeri Sakura memicu banjir dan longsor. Jepang perintahkan evakuasi 75 ribu warga, Sabtu (4/7/20).

“Kami merilis perintah evakuasi setelah hujan lebat memecahkan rekor. Kami mendesak warga bertindak untuk melindungi diri karena hujan masih sangat deras,” ujar pejabat di prefektur Kumamoto.

AFP melaporkan bahwa pemerintah daerah merilis perintah evakuasi ini karena hujan lebat terus mengguyur sejumlah daerah di Pulau Kyushu, seperti Kumamoto dan Kagoshima.

Baca juga: Senjata Kapal Induk Jepang JS Izumo Diduga Disiapkan Untuk Hadapi China

Sejumlah cuplikan video di stasiun televisi Jepang memperlihatkan kendaraan terendam di tempat parkir di dekat sungai yang meluap, sementara sejumlah jembatan dilaporkan rusak.

Sementara itu, tim penyelamat masih mencari tiga orang yang menghilang setelah longsor mengubur rumah mereka di Kumamoto. Sekitar 100 orang juga masih terkurung di daerah tersebut.

Baca juga: 3.500 Guru dan Siswa Keracunan Makanan di Sekolah Kota Yashio Jepang

Akibat bencana ini, sejumlah layanan kereta, termasuk Shinkansen, yang menghubungkan kawasan tersebut dengan daerah lainnya terpaksa dihentikan.

Saat ini, Jepang memang sudah memasuki musim hujan yang biasanya memicu banjir dan longsor dan kerap membuat pemerintah harus merilis surat perintah evakuasi.(cnn/hm07)

Related Articles

Latest Articles