10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Dianggap Membawa Kesesatan, Taliban Bakar Alat Musik di Afghanistan

Herat, MISTAR.ID

Pemerintah Taliban di Afghanistan membakar alat musik yang menurut mereka dapat menipu generasi muda dan merusak masyarakat. Kelompok militan itu juga melarang musik ketika berkuasa pada akhir 1990-an.

Polisi agama Taliban diduga membakar alat musik di provinsi Herat Afghanistan, menurut sebuah laporan oleh kantor berita negara Bakhtar pada hari Minggu (30/7/23).

Menurut laporan tersebut, Sheikh Aziz al-Rahman al-Muhajir, kepala Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan, mengatakan bahwa musik menyebabkan “penyimpangan pemuda dan keruntuhan masyarakat”.

Pejabat itu juga mengatakan bahwa musik dapat merusak orang. Taliban melarang musik non-religius terakhir kali mereka memerintah Afghanistan pada 1990-an.

Baca juga: Larangan Salon Kecantikan Taliban, Tiga Wanita Afghanistan Berduka

Rekaman yang dirilis oleh Taliban menunjukkan para pejabat berkumpul di sekitar api yang membakar berbagai alat musik, seperti gitar, harmoni, dan pengeras suara.

Secara tradisional, Afghanistan memiliki tradisi musik yang kuat, dipengaruhi oleh musik klasik Iran dan India. Negara ini juga memiliki pasar dalam musik pop yang sedang berkembang, dengan penambahan instrumen elektronik dan ketukan tarian ke nada yang lebih tradisional.

Kedua genre musik tersebut berkembang selama 20 tahun terakhir sebelum Taliban kembali berkuasa pada Agustus 2021. Taliban juga telah melakukan serangkaian tindakan keras sejak mengambil alih Afghanistan menyusul penarikan pasukan AS dan NATO.

Siswa dan guru di Akademi Musik Nasional Afghanistan, yang dulu dikenal karena inklusivitas mereka, belum melanjutkan kelas sejak Taliban mengambil alih. Banyak musisi juga meninggalkan negara itu.

Baca juga: Puluhan Perempuan Demo Peraturan Taliban yang Melarang Salon Kecantikan di Afghanistan

Taliban terus mengekang perempuan

Ketika mereka mengambil alih, Taliban menjanjikan pemerintahan yang lebih moderat dari rezim mereka sebelumnya pada tahun 1990. Mereka berjanji untuk melindungi hak-hak perempuan dan minoritas.

Yang terjadi justru sebaliknya. Mereka sekali lagi memberlakukan beberapa batasan serius bersama dengan interpretasi mereka yang kaku terhadap hukum Islam atau Syariah.

Mereka kembali ke eksekusi publik, melarang pendidikan perempuan dan anak perempuan setelah kelas enam, dan melarang perempuan bekerja di sebagian besar profesi.

Awal pekan ini, Taliban mengumumkan penutupan semua salon kecantikan karena menyediakan layanan yang dianggap dilarang oleh Islam. Penutupan salon ini menyebabkan keluarga mempelai pria menghadapi kesulitan ekonomi selama pernikahan.

Baca juga: Taliban Resmi Larang Staf Perempuan Bantuan Kemanusiaan untuk Bekerja

Taliban juga dikatakan telah melarang pengemudi taksi yang membawa penumpang wanita mengenakan burka.

Hampir dua tahun setelah Islam Taliban mengambil alih kekuasaan, puluhan wanita di Afghanistan masih menolak perintah untuk menutupi wajah mereka. Banyak orang menolak memakai burqa dan tetap keluar ke jalan dengan wajah terbuka.

Tahun lalu, pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada memerintahkan perempuan untuk menutupi seluruh wajah mereka di depan umum “karena itu adalah tradisi dan dihormati”, menurut sebuah keputusan yang dikeluarkan pada Mei 2022. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles