17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

103 Mahasiswa KKN Tematik UNUSU Dilepas, Bupati Deli Serdang: Letak Kabupaten Deli Serdang Sangat Strategis

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan melepas 103 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) tahun 2023 di Aula Cendana Lantai II, Kantor Bupati setempat Kecamatan Lubuk Pakam, Senin (31/7/23).

“Saya merasa berbahagia kalian (mahasiswa KKN UNUSU) akan melaksanakan KKN di Kabupaten Deli Serdang, khususnya di Kecamatan Gunung Meriah. Deli Serdang ini adalah kabupaten yang sangat luar biasa, memiliki luas wilayah sekitar 2.500 kilometer persegi dan jumlah penduduk lebih dari 2 juta. Alamnya subur, luas dan memiliki tiga jenis topografi dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. Sumber daya manusianya mumpuni, berkemampuan dan memiliki kemauan kuat untuk memajukan dirinya dan memajukan Kabupaten Deli Serdang ini,” kata Bupati Ashari Tambunan.

Dijelaskan Ashari, kelebihan Deli Serdang yang luar biasa adalah letaknya sangat strategis. Deli Serdang mengelilingi Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Bahkan, Deli Serdang juga berbatas dengan kabupaten besar dan terletak di tepi Selat Malaka. Salah satu selat paling sibuk di dunia.

Baca juga : Pemkab dan Polresta Deli Serdang Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla

Kemudian memiliki Bandara Kualanamu, diapit dua pelabuhan besar, yaitu Belawan dan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara.

Sehingga, lanjutnya, sangat layak dan wajar jika keberadaan pelabuhan-pelabuhan dan bandara tersebut memberi keyakinan kuat jika Deli Serdang akan lebih maju.

“Kabupaten Deli Serdang ini adalah pintu gerbang Indonesia bagian barat. Potensi-potensi itu menjadikan kami sangat yakin jika kita bersama-sama mengelola berbagai potensi dengan baik dan benar, maka cita-cita memajukan dan mensejahterakan masyarakat itu hanya tinggal soal waktu. Karenanya, visi misi Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan, tidak ada alasan untuk tidak tercapai,” ujar Ashari Tambunan.

Dikatakan Ashari, produk pertanian yang dihasilkan dari Deli Serdang, tidak kalah bersaing dengan produk dari kabupaten lain. Sebab, produk-produk pertanian Deli Serdang memiliki jarak paling dekat ke pasar, baik dalam negeri, lokal, bahkan internasional sekalipun.

Baca juga : Wabup Deli Serdang Beri Apresiasi Peraih Medali Asean Para Games Kamboja 2023

Keberadaan mahasiswa yang mengikuti proses KKN juga diharapkan bisa memberi solusi untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan.

“Mahasiswa merupakan agent of social control dan agent of change yang dituntut tidak hanya untuk belajar. Tapi juga melakukan penelitian yang akan diartikan kepada masyarakat. Tentu saja, penelitian yang dilakukan tidak hanya memberi dampak bagi masyarakat, tapi terutama untuk mahasiswa sebagai bekal terjun ke masyarakat setelah selesai kuliah,” tandas Bupati Ashari Tambunan.

Sebelumnya, Rektor UNUSU, Dr Ibnu Affan menerangkan KKN Tematik Tahun 2023 ini merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program tersebut menyalurkan delapan program antara lain, magang ke sekolah dan kampus lain, pertukaran pelajar, magang ke industri, penelitian, sosial, wirausaha dan lainnya.

Baca juga : Pemkab Deli Serdang Komit Tekan Angka Stunting, Wabup: Seluruh Sektor Harus Terus Bergerak

“KKN Tematik ini adalah program krusial dan penting, karena program MBKM ini bekerjasama dengan pemerintah daerah,sesuai Permendikbud No.3 tahun 2020. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan menekankan pentingnya meningkatkan softskill mahasiswa,sehingga begitu tamat mampu beradaptasi dengan masyarakat,” jelas Rektor.

Dijelaskan Rektor Ibnu Affan, mahasiswa yang mengikuti KKN sebanyak 103 orang dari lima jurusan. “Dan mereka siap untuk mengabdi di sana,” tandas Rektor.

Hadir pula di acara itu, Sekretaris BPP UNUSU, Misran Sihaloho, Kepala LP2M UNUSU, Sisilia Floria Yanti, Kadis Pendidikan Deli Serdang, Yudi Hilmawan, Kadis Kesehatan Deli Serdang, dr Asri Ludin Tambunan, Dekan UNUSU; para Kepala Prodi, dan Dosen UNUSU. (rinaldi/hm18)

Related Articles

Latest Articles