19.2 C
New York
Monday, May 20, 2024

China Nyatakan Siap Bantu Palestina Merdeka dan Jadi Anggota PBB

Beijing, MISTAR.ID

Presiden China, Xi Jinping melakukan pertemuan dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas di Beijing, Rabu (14/6/23).

Xi menyampaikan, China siap membantu Palestina untuk merdeka sebagai negara dan menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Kami siap membantu Palestina mencapai rekonsiliasi internal dan mendorong pembicaraan damai dengan Israel. Masalah mendasar untuk Palestina terletak pada pembentukan negara merdeka, berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya,” ujar Xi.

Baca juga: Warga Israel Diklaim Menyerang Penduduk Palestina

Dia juga menegaskan, Negeri Tirai Bambu ini mendukung rakyat Palestina untuk mendapatkan kembali hak-hak nasional mereka yang sah.

Baik China dan Palestina secara historis memiliki hubungan yang baik selama ini. Sejak kunjungan terakhir Abbas pada tahun 2017 lalu, China tetap tegas menyuarakan kemampuannya dalam bermediasi.

Xi juga mengatakan, pihaknya akan terus membela pihak Palestina dalam berbagai forum internasional. Dirinya pun mendorong agar masyarakat internasional meningkatkan bantuan kemanusiaan dan pembangunan untuk Palestina.

Baca juga: Krisis Pendanaan, Badan PBB untuk Pengungsi Palestina Terancam Bubar

Dalam pertemuan bilateral itu, Xi dan Abbas sepakat menjalin kemitraan strategis, termasuk menandatangani sejumlah dokumen kerja sama.

Seperti pakta kerja sama ekonomi dan teknologi, kesepakatan bebas visa untuk paspor diplomatik, serta persahabatan antara kota Wuhan di China dan Ramallah sebagai pusat pemerintahan Palestina di Tepi Barat. (cnn/reuters/hm16)

Related Articles

Latest Articles