19.7 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

China Desak AS Serukan Israel Hentikan Pembataian Warga Sipil di Gaza

New York, MISTAR.ID

Duta Besar China untuk PBB, Fu Cong, mengungkapkan kekhawatiran mendalam mengenai situasi di Gaza dan menyerukan Amerika Serikat untuk memainkan peran yang lebih aktif.

Sehingga pembantaian warga sipil di Gaza bisa dihentikan. Hal ini diungkapkannya dalam Pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Selasa (13/8/24) seperti dikutip dari Antara.

“Sebagai pemasok senjata utama bagi Israel, Amerika Serikat memiliki tanggung jawab besar untuk mendorong Israel menghentikan serangan militer dan menghentikan pembantaian warga sipil,” kata Fu dalam pernyataannya di Dewan Keamanan PBB.

Fu juga menyoroti bahwa krisis kemanusiaan di Gaza semakin memburuk, dengan berbagai penyakit menyebar dengan cepat di tengah situasi yang penuh ketidakpastian. PBB sebelumnya menyambut baik tawaran dari Mesir, Qatar, dan Amerika Serikat untuk memfasilitasi dialog antara Israel dan Hamas.

Baca juga: Tank Israel Kembali ke Gaza, Ribuan Orang Dipaksa Mengungsi

Pekan lalu, Mesir, Qatar, dan Amerika Serikat mengajukan usulan gencatan senjata pada 14-15 Agustus, dengan harapan dapat menyusun kesepakatan akhir yang mengurangi ketegangan dan menyediakan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan.

Upaya ini bertujuan untuk mengatasi tantangan kemanusiaan yang semakin mendalam dan menyelamatkan nyawa warga sipil yang terjebak dalam konflik.

Pemimpin ketiga negara pendamai itu menyatakan kesiapan mereka untuk mengajukan proposal akhir guna mencapai kesepakatan yang dapat mengakhiri kekerasan dan membuka jalan bagi pemulihan di Gaza. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles