29.5 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

China Anggap Tuduhan AS Tentang Pencegatan Udara Sebagai Penghinaan

Beijing, MISTAR.ID

Kementerian Pertahanan China menyatakan bahwa Departemen Pertahanan AS yang menuduh militernya melakukan pencegatan udara yang “berisiko dan koersif”, dan itu dianggap merupakan sebuah penghinaan terencana terhadap China dengan motif politik tersembunyi.

“China dengan tegas menentangnya dan telah menyampaikan pernyataan keras kepada pihak AS,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan pada Jumat (20/10/23)..

Departemen Pertahanan AS mengatakan pada hari Selasa (17/10/23) bahwa jet tempur Tiongkok telah semakin terlibat dalam perilaku operasional yang bersifat memaksa dan berisiko di Indo-Pasifik sejak tahun 2021.

Baca juga:Aktivitas China di Luar Angkasa Bikin Amerika Serikat Kebat-kebit

Departemen itu menambahkan bahwa: “Pencegatan yang tidak aman terhadap pesawat terbang AS dan sekutu di wilayah udara internasional merupakan kampanye terpusat dan terpadu oleh pejabat Tiongkok untuk memaksa perubahan dalam aktivitas operasional AS yang sah.”

Kementerian pertahanan Tiongkok memberikan tanggapan bahwa AS telah menggembar-gemborkan “ancaman militer Tiongkok” yang katanya tidak ada.

“Akar penyebab masalah keamanan militer maritim dan udara antara China dan AS terletak pada kenyataan bahwa kapal perang dan pesawat AS datang ke depan pintu China dari jauh untuk menimbulkan masalah dan provokasi,” kata kementerian itu.

Kementerian tersebut mendesak AS untuk menghentikan apa yang disebutnya sebagai tindakan provokatif, menghindari “kesalahpahaman dan kesalahan penilaian” dan mencegah kecelakaan maritim dan udara. (cna/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles