23.4 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Biden Tunjuk Kamala Shirin Lakhdhir Calon Dubes AS untuk Indonesia

Washington, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden menunjuk dan mengumumkan Kamala Shirin Lakhdhir sebagai calon Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Indonesia (RI). Lakhdhir merupakan diplomat karier di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) AS.

Lakhdhir merupakan pejabat tinggi Kemenlu AS dan baru-baru merupakan Sekretaris Eksekutif Departemen Luar Negeri, seperti dikutip dari situs resmi Gedung Putih.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Duta Besar untuk Malaysia. Gedung Putih menyebutkan Lakhdhir juga pernah menjabat sebagai Asisten Eksekutif Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik, dan Asisten Khusus Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik.

Baca juga : Nama Calon Duta Besar AS untuk Indonesia Diumumkan Biden

Lakhdhir pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal AS di Belfast, Irlandia Utara. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Kantor Urusan Asia Tenggara Maritim, yang bertanggung jawab atas hubungan AS dengan Indonesia.

Selain itu, Lakhdhir juga pernah menjabat sebagai Pearson Fellow di Sub-komite Asia dan Pasifik Komite Hubungan Internasional House of Representative, serta Sub-komite Kebijakan Moneter dan Perdagangan Internasional Komite Jasa Keuangan House.

Baca juga : Filipina Beri AS Akses Lebih Besar ke Pangkalan Militer di Tengah Kekhawatiran China

Pengawali karirnya, ia menjabat sebagai Wakil Koordinator Staf Koordinasi Taiwan di Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik. Penugasan di luar negeri lainnya adalah di Cina, Indonesia, dan Arab Saudi.

Lakhdhir telah menyandang gelar BA dari Harvard College dan MS dari National War College. Ia juga menguasai bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia. (republika/hm18)

Related Articles

Latest Articles