8.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Biaya Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Jepang Abe Capai 12 Juta Dolar AS

Tokyo, MISTAR.ID

Jepang akan menghabiskan sekitar ¥1,65 miliar (US$12 juta) untuk pemakaman kenegaraan yang direncanakan untuk mantan perdana menteri Shinzo Abe, menurut perkiraan baru pemerintah pada Selasa (6/9/22) yang mencakup biaya keamanan dan resepsi.

Pemerintah pada akhir Agustus menyetujui anggaran yang lebih sederhana sebesar ¥250 juta untuk pemakaman tetapi kemudian menghadapi kritik atas apa yang dianggap sebagai angka yang tidak realistis yang mengecualikan pengeluaran besar dan kuat untuk keamanan dan hosting VIP.

Sekitar 6.000 tamu termasuk pejabat asing diperkirakan akan menghadiri upacara tersebut, yang akan diadakan pada 27 September 2022 di aula Nippon Budokan, Tokyo. Abe ditembak mati selama rapat umum pemilihan pada bulan Juli.

Baca Juga:Kepala Polisi Jepang Mundur Buntut dari Pembunuhan Eks PM Shinzo Abe

Penolakan terhadap layanan yang didanai pembayar pajak untuk Abe, perdana menteri Jepang yang paling lama menjabat tetapi sangat memecah belah, telah bertahan, diperburuk oleh pengungkapan hubungan dia dan anggota partai yang berkuasa lainnya dengan Gereja Unifikasi yang kontroversial.

Peringkat persetujuan Perdana Menteri Fumio Kishida telah turun bersamaan.

Media lokal melaporkan terduga pembunuh Abe mengatakan kepada jaksa bahwa dia menyimpan dendam terhadap organisasi keagamaan, yang dikenal dengan pernikahan massal dan taktik penggalangan dana yang agresif, dan dia yakin Abe memiliki koneksi dengan kelompok itu.

Jajak pendapat surat kabar Yomiuri yang dilakukan awal bulan ini menunjukkan 56 persen responden menentang pemakaman kenegaraan, dibanding dengan 38 persen yang mendukung. (channelnewsasia/hm14)

Related Articles

Latest Articles