17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Beruang Kutub Makin Banyak Berkeliaran di Kota Churchill

Berdasarkan data statistik dari pemerintah Manitoba, rekor tertinggi jumlah beruang kutub yang ditangkap dalam satu tahun tercatat pada tahun 2003 dengan total 176 ekor.

Meskipun jumlah beruang kutub yang berkeliaran di Kota Churchill meningkat, bukan berarti serangan juga meningkat. Terutama jika masyarakat mengikuti panduan-panduan terkait beruang kutub.

Pencairan es akibat aktivitas manusia

Hingga saat ini, salah satu penyebab beruang kutub berkeliaran hingga ke kota adalah karena pencairan es di laut. Biasanya, beruang kutub menghabiskan musim dingin dengan berburu anjing laut di atas lapisan es Teluk Hudson yang membeku.

Ketika es mulai mencair di musim semi, beruang kutub menuju ke daratan untuk berkembang biak dan mencari sumber makanan alternatif. Pada musim gugur, beruang kutub kembali ke laut.

Baca juga: Wow! Beruang Bobol Mobil dan Tenggak 69 Kaleng Soda di Kanada

Perubahan iklim yang terjadi saat ini, terutama akibat aktivitas manusia, telah menyebabkan pencairan es laut lebih awal di dekat Kota Churchill. Kondisi ini menjadikan kota tersebut sebagai tempat yang paling cocok untuk berburu saat musim dingin tiba.

Meskipun jumlah beruang kutub yang berkeliaran di Churchill meningkat, populasi secara keseluruhan dari spesies ini mengalami penurunan. Saat ini, beruang kutub terdaftar sebagai spesies rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Studi juga memperkirakan bahwa jika tren pemanasan global saat ini terus berlanjut, beruang kutub dapat punah menjelang akhir abad ke-21. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles