22 C
New York
Saturday, September 14, 2024

Bantah Tuduhan Rusia, Inggris: Enam Diplomat Kami Bukan Mata-mata

London, MISTAR.ID

Pemerintah Inggris dengan tegas membantah tuduhan Rusia yang menyebut enam diplomat Inggris di Moskow terlibat dalam kegiatan spionase. Inggris menyebut tuduhan tersebut sebagai “betul-betul tak berdasar.”

Menurut rilis resmi dari Kantor Persemakmuran dan Pembangunan Luar Negeri dilansir, Sabtu (14/9/24), langkah Rusia mencabut izin diplomatik tersebut dianggap sebagai tindakan balasan terhadap negara Barat.

Inggris menegaskan bahwa mereka tidak akan menyesali langkah-langkah yang diambil untuk melindungi kepentingan nasional mereka.

Tindakan Rusia ini diambil setelah Badan Intelijen Rusia, Dinas Keamanan Negara (FSB), menuduh para diplomat Inggris melakukan spionase dan ancaman terhadap keamanan Rusia.

Baca Juga : Rusia Usir Enam Diplomat Inggris Atas Dugaan Spionase

FSB menyebut tindakan tersebut sebagai balasan terhadap langkah-langkah tidak bersahabat yang diambil oleh Inggris di London.

Tuduhan ini muncul di tengah ketegangan yang meningkat antara Inggris dan Rusia. Pada Mei lalu, Inggris mengusir diplomat Rusia, Kolonel Maxim Elovik, yang dituduh melakukan spionase. Tindakan Inggris juga mencakup penutupan beberapa kantor diplomatik Rusia dan pembatasan visa diplomatik.

Ketegangan antara Inggris dan Rusia telah meningkat sejak invasi Rusia ke Ukraina, dengan Inggris menuduh Rusia mencaplok Ukraina dan Rusia menuduh Inggris terlibat dalam perang dengan terus memasok senjata kepada Ukraina. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles