15.9 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Badai Otis Terjang Pantai Acapulco Meksiko, Puluhan Hotel Berantakan

Ia mengatakan, bahwa kamar hotel yang disewanya hancur berantakan saat Otis menghantam.

Salah satu topan terkuat yang pernah melanda wilayah tersebut, Otis mencapai pantai sebagai topan kategori 5 – tingkat terkuat dalam skala badai 5 tingkat Saffir-Simpson – sebelum dengan cepat melemah menjadi topan kategori 4.

Kekuatannya melemah lebih lanjut saat bergerak ke daratan, mengubah Otis menjadi topan tropis dan kemudian hilang di pegunungan Meksiko selatan.

Pihak berwenang Meksiko mengaku terkejut dengan kekuatan mendadak Otis, yang menyerbu pantai Pasifik hampir delapan tahun setelah Topan Patricia, topan yang memicu angin hingga 322 km/jam.

Otis hilang pada hari Rabu sore, tetapi Pusat Topan Nasional Amerika Serikat memperingatkan akan hujan lebat di barat daya dan tengah-selatan Meksiko hingga Kamis serta risiko terus menerus banjir dan longsor.

Baca Juga: Begitu Dilantik, Ketua Kongres AS Mike Johnson Ajukan Resolusi Dukung Israel

Sebelumnya, pihak berwenang telah mengingatkan bahwa Otis bisa membawa hujan hingga 51 cm ke sebagian wilayah negara bagian Guerrero dan Oaxaca. Selain itu juga diwanti-wanti adanya longsor, gelombang pasang yang berpotensial katastropik serta kondisi gelombang laut dan arus yang membahayakan jiwa.

Otoritas perlindungan sipil Meksiko melaporkan pemadaman listrik di seluruh Guerrero, penerbangan ke dan dari Acapulco dihentikan dan kelas sekolah diliburkan.

Di Guerrero, meskipun peringatan mendadak karena kekuatan Otis meningkat dengan cepat sebelum mencapai daratan, otoritas telah membuka tempat penampungan badai.

Garda Nasional siap untuk penyelamatan dan evakuasi sementara tentara patroli di pantai Acapulco yang sepi. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles