25.7 C
New York
Monday, June 24, 2024

Oleksandr Usyk Dinobatkan Raja Tinju Kelas Berat Usai Kalahkan Tyson Fury

Riyadh, MISTAR.ID

Oleksandr Usyk dinobatkan sebagai raja tinju kelas berat usai mengalahkan Tyson Fury dalam duel sengit 12 ronde dalam pertarungan bertajuk Ring of Fire di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (19/5/24) dini hari.

Boxer asal Ukraina itu bisa mengalahkan Usyk yang merupakan pemilik gelar dan sama-sama belum terkalahkan. Fury mempertaruhkan sabuk WBC miliknya, untuk berjuang merebut gelar WBA Super, WBO, IBF, IBO milik Usyk.

Sejak ronde pertama, Fury dan Usyk saling melancarkan jab. Menggunakan kekuatan jangkauan masing-masing, pertarungan berjalan memanas dari ronde ke ronde. Puncaknya terjadi pada ronde ke-9. Sebuah pukulan Oleksandr Usyk membuat Tyson Fury sempat linglung. Pukukan bertubi-tubi Usyk membuat Fury sempat terhuyung dan hampir roboh di sudut ring.

Baca Juga : Codeblu Buat KO Chef Arnold di Tinju Celebrity Fight

Di sisa ronde, Fury coba membalas serangan Usyk namun tak ada yang berarti. Sampai akhirnya laga tuntas di ronde ke-12. Juri kemudian memberikan skor kemenangan untuk Usyk. Fighter berusia 37 tahun itu dinyatakan menang split decision dengan skor 115-113 dan 114-113 untuk Usyk, dan satu juri memenangkan Fury 114-113.

Kemenangan ini membuat Usyk menahiskan diri jadi raja tinju kelas berat. Ia menguasai semua sabuk juara di kelasnya, dari WBA Super, WBC, WBO, IBF, dan IBO.

Sementara bagi Tyson Fury, kekalahan dari Oleksandr Usyk membuat rekor sempurnya di kelas tinju kelas berat tercoreng. Petarung berjuluk Gipsy King itu kalah untuk pertama kalinya. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles