15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Angin Kencang, Kapal Parang Milik Thailand Karam, 33 Orang Tewas

Bangkok, MISTAR.ID
Angkatan Laut Thailand melaporkan kapal perang jenis korvet HTMS Sukhothai sepanjang 26,8 meter itu tenggelam akibat angin kencang yang berembus di tengah cuaca buruk, Senin (19/12/22), di Teluk Thailand. Sebanyak 33 dari 106 awak kapal dilaporkan hilang.

Kapal itu oleng sehingga air laut masuk ke pipa mesin. Akibatnya, listrik kapal mati. Pihak Angkatan Laut mengatakan, padamnya listrik mengakibatkan sistem tenaga utama kapal gagal bekerja dan membuat awak kapal tak mampu bermanuver maupun memompa keluar air laut.

“Pada pukul 00.12 pagi hari Senin, Sukhothai terombang-ambing dan kemudian tenggelam,” demikian pernyataan Angkatan Laut Thailand, Senin (19/12/22).

Baca Juga:Kapal Tenggelam di Perairan Taiwan, 12 ABK WNI Dinyatakan Hilang

Cuaca buruk di Teluk Thailand itu pun berlanjut hingga Senin pagi dan menghambat upaya pencarian awak yang hilang.

Selama lebih dari tiga jam, upaya AL untuk mentransfer pompa bantuan kepada kapal Sukhothai melalui kapal lainnya juga terkendala dan gagal.

Setidaknya tiga orang berhasil diselamatkan namun kini dalam kondisi kritis. Sementara korban hilang masih dalam pencarian.

Carl Schuster, seorang pensiunan kapten Angkatan Laut AS, mengatakan awak kapal yang mengalami insiden itu menghadapi situasi sulit di kapal tersebut.

Baca Juga:Malaysia Cari 16 WNI Hilang Akibat Kapal Tenggelam di Johor Bahru

“Begitu Anda kehilangan tenaga, Anda berada dalam kegelapan dan melakukan segalanya dengan pompa dan ember diesel portabel,” katanya.

“Untuk kapal kecil berusia 40 tahun di laut yang deras, kemungkinan besar tidak akan berhasil dalam kasus seperti itu.”

Sukhotai memiliki berat 960 ton. Kapal perang itu dibuat di Amerika Serikat dan ditugaskan untuk Angkatan Laut Thailand pada 1987.(cnn/hm10)

Related Articles

Latest Articles