22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Agar Bisa Ibadah, Gereja di Argentina Disulap Jadi Bar

Buenos Aires, MISTAR.ID

Gereja diubah jadi bar. Ups, jangan berpikiran lain. Ternyata, perubahan yang dimaksud hanya tata letak ruangan di gereja itu. Pengurus salah satu gereja di Santa Fe Argentina, sepakat konsep ruang di gereja mereka diubah layaknya bar untuk menampung lebih banyak jemaat.

Kebijakan merubah tampilan ruang gereja itu ternyata sekaitan protes terhadap pemerintah yang masih terus membatasi kegiatan keagamaan. Aktifitas keagamaan di Santa Fe sebetulnya telah diperbolehkan, namun hanya dibatasi 10 pengunjung setiap sesinya.

Angka ini dinilai sedikit jika dibandingkan dengan batasan pengunjung bar dan restoran yang mencapai 30 persen dari kapasitas maksimal.

Baca juga: 180 Jemaat Gereja Di California Dicemaskan Tertular Corona

Gereja diisi meja bar, para pendeta memakai pakaian pelayan restoran dan membawa alkitab di nampan mereka.

“Kami berdiri di sini hari ini dengan pakaian seperti ini, membawa nampan, karena sepertinya ini adalah satu-satunya cara kami dapat melayani firman Allah,” ujar pendeta Daniel Cattaneo.

“Jadi, terlepas dari daging sapi tepung roti yang menuju ke meja, inilah firman Tuhan dari rumah Tuhan untuk semua bangsa,” sambungnya.

Terkait ‘bar ibadah’ ini, Daniel mengatakan ini menggunakan hal konstitusional untuk mempraktekkan layanan ibadah. “Bar bisa dibuka, toko bisa dibuka, mengapa mereka mendiskriminasi kita?”

Baca juga: Gereja di Lousiana Menentang Pemerintah Tetap Adakan Pelayanan

Tak sampai di sini, Catteneo tengah mempertimbangkan menyediakan opsi ‘ibadah drive-in’, sebagai upaya untuk memaksimalkan layanan ibadah ditengah pandemi virus corona.

Ibadah dengan format layaknya bioskop drive-in ini akan menggunakan sebuah tanah di dekat pemakaman, yang memungkinkan para jemaah menonton pendeta dari dalam mobil. Layanan ini akan pada dimulai Minggu (14/6).

Sejauh ini, Argentina mencatat total kasus infeksi virus corpna mencapai lebih dari 28 ribu kasus dengan 785 kematian.(suara/hm03)

Related Articles

Latest Articles