15.7 C
New York
Sunday, May 5, 2024

3 Orang Tewas Akibat Bentrok di Senegal karena Pilpres Ditunda

Dakar, MISTAR.ID

Sebanyak tiga orang tewas termasuk remaja berusia 19 tahun dalam bentrok yang terjadi usai Presiden Senegal Macky Sall mengumumkan penundaan Pemilu yang seharusnya digelar bulan ini.

Dilansir AFP, Senin (12/2/24), keputusan Sall untuk menunda pemilihan presiden pada 25 Februari telah menjerumuskan Senegal ke dalam krisis. Akibatnya, kekerasan terjadi di mana-mana.

“Terbaru, remaja 19 tahun terkena proyektil di kepala dan meninggal karena luka-lukanya saat dirawat intensif pada Sabtu (10/2/24) malam,” sebut sumber di rumah sakit kepada AFP.

Koordinator partai oposisi Pastef di Ziguinchor, Abdou Sane menambahkan, ada beberapa orang yang terluka parah selama protes dan satu orang meninggal.

“Kepalanya terkena peluru. Sebagian besar kota di Senegal tetap tenang pada hari Sabtu (10/2/24), tetapi demonstrasi terus berlanjut di Ziguinchor,” ungkapnya.

Baca Juga : Presiden Senegal Macky Sall Putuskan Tidak Ikuti Pemilu 2024

Sall memutuskan menunda pemilu karena adanya perselisihan antara parlemen dan Dewan Konstitusi mengenai calon potensial yang dilarang mencalonkan diri.

Sall ingin memulai proses ‘peredaan dan rekonsiliasi’ dan menegaskan kembali komitmennya untuk tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga di tengah kekhawatiran internasional. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles