23.4 C
New York
Sunday, July 14, 2024

Upacara Penghormatan Jenazah Hakim Oloan Silalahi, Ketua PN Medan: Beliau Orangnya Humoris

Medan, MISTAR.ID

Pengadilan Negeri (PN) Medan menggelar prosesi upacara penghormatan terakhir dan pelepasan jenazah Hakim Oloan Silalahi di Ruang Sidang Utama, Rabu (10/7/24).

Pantauan di lokasi, jenazah tiba di PN Medan sekitar pukul 10.00 WIB. Setibanya di lokasi, Hakim Oloan yang telah berada di dalam peti jenazah langsung ditempatkan di Ruang Sidang Utama.

Di situ, seluruh Hakim PN Medan, pegawai, serta pihak kerabat dan keluarga berkumpul untuk melakukan penghormatan terakhir dengan memanjatkan doa terhadap jenazah.

Setelah kurang lebih satu jam prosesi penghormatan dan pelepasan, jenazah pun dimasukkan ke dalam mobil ambulance untuk dibawa dan dimakamkan ke kampung halamannya yang berada di Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

Baca juga: Oloan Silalahi Meninggal, Ketua Hakim Kasus PPDB MAN 3 Medan Bakal Berganti

Ketua PN Medan, Victor Togi Rumahorbo, mengatakan upacara penghormatan terakhir dan pelepasan jenazah itu dilakukan di PN Medan dikarenakan Oloan masih aktif sebagai Hakim.

“Kita (hari ini) melakukan prosesi untuk melepas jenazah ke tempat peristirahatan terakhir,” ujarnya didampingi Wakil Ketua dan Juru Bicara PN Medan kepada wartawan.

 

Victor yang merupakan orang nomor satu di PN Medan ini menilai Oloan adalah seseorang yang cukup bekerja keras saat menjadi Hakim. Ia pun mengatakan Hakim Oloan orang yang humoris.

Baca juga: Hakim PN Medan yang Vonis Bebas Achiruddin Hasibuan Meninggal Dunia

“Kinerja beliau termasuk bagus di PN Medan ini. Kinerja beliau untuk bersidang dari awal sudah bagus, mulai putusan hingga pengunggahan putusan. Beliau orangnya cukup kocak dan humoris,” ucapnya seraya mengatakan PN Medan merasa kehilangan dengan kepergian Hakim Oloan untuk selamanya.

Diungkapkannya, sebelum meninggal dunia, Victor sempat mendapatkan kabar bahwa Hakim Oloan sudah membaik pasca operasi jantung di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H. Adam Malik (HAM) Medan.

“Saya sempat mendapatkan kabar bahwa beliau sudah membaik pada hari Senin (8/7/24). (Namun) Tuhan berkehendak lain, sehingga beliau dipanggil,” ungkapnya.

Related Articles

Latest Articles