12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Lapas Medan dan Polda Sumut Data KTA Polsuspas

Medan, MISTAR.ID

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan bersama Direktorat Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan pendataan kartu tanda anggota (KTA) Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) Lapas Medan.

Kalapas Medan, M. Pithra Jaya Saragih, mengatakan bahwa pendataan ini merupakan wujud dari sinergitas Lapas Medan dengan Aparat Penegak Hukum (APH) khususnya Polda Sumut.

“Seperti kita ketahui (bahwa) anggota Polsuspas tentu merupakan petugas yang sudah mengikuti seleksi yang ketat, baik tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT),” kata Pithra dalam keterangannya yang diterima mistar.id, Minggu (8/9/24).

Baca juga: Peringati Hari Pengayoman, Petugas Lapas Medan Donor Darah

Selain itu, lanjut Pithra, para anggota Polsuspas juga telah lulus dari Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) yang meliputi kemampuan jasmani dan sebagainya.

“Kemudian juga mengikuti pendidikan kemampuan semi-militer, kemampuan menembak menggunakan senjata api (senpi), bela diri, dan lainnya,” lanjutnya.

Dijelaskan Pithra, Polsuspas merupakan sebuah Korps Polisi Khusus di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengawasan, pembinaan, keamanan, serta keselamatan narapidana atau tahanan.

“Maka daripada itu, dalam pelaksanaan tugas tentunya dibekali senjata, seperti gas air mata, senpi dengan lisensi dari kepolisian, tongkat T. Selain itu juga dibekali KTA,” tandasnya. (deddy/hm20)

Related Articles

Latest Articles