18.8 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Wisatawan dan Pelajar Tersesat di Air Terjun Dwi Warna Sibolangit, Basarnas Sukses Gerak Cepat

Sibolangit, MISTAR.ID

Sebanyak 8 orang personil Rescuer Basarnas Medan diterjunkan mencari 5 orang wisatawan lokal dan pelajar yang diduga tersesat di sekitar pemandian Air terjun Dwi Warna, pada Sabtu (15/5/21) malam.

Dengan membawa peralatan mounteneering dan emergency lamp, personil Basarnas Medan berangkat ke lokasi di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

Laporan orang tersesat itu diterima Basarnas dari pihak keluarga para korban. Salah satunya abang kandung Yansen (salah satu dari 5 orang yang disebut tersesat).

Dijelaskan, peristiwa berawal pada Sabtu (15/5) sekitar pukul 11.30 Wib. Salah satu yang disebut tersesat adalah Yansen (30), warga Jln Kenanga Raya Kecamatan Tanjung Sari Medan.

Baca Juga: Tersesat Di Gunung Salak, Malau dan Istrinya Boru Tanggang Berhasil Dievakuasi

Ia bersama 6 orang siswa dari SMA Santo Thomas Medan pergi ke Pemandian Air Terjun Dwi Warba Sibolangit dengan tujuan berwisata setelah selesai melaksanakan ujian sekolah.

Namun, di tengah perjalanan menuju lokasi pemandian, turun hujan cukup deras menyebabkan kabut pekat dan menyulitkan jarak pandang mereka, akhirnya mereka menggunakan google maps untuk menuju lokasi.

Nahas, kelima korban malah tersesat. Malam tadi sekitar pukul 21.25 wib, pelapor (abang kandung Yansen) mengaku masih sempat menerima telepon dari adiknya, namun setelah itu tidak ada komunikasi lagi.

Baca Juga: Heboh! Dikira Mayat, Wanita Tersesat Pingsan di Hutan Dairi

Menerima informasi tersebut pelapor menghubungi BPBD Serdang Bedagai dan diarahkan ke Kantor Basarnas Medan.

Ditemukan Selamat

Mendapat laporan itu, Tim Basarnas subuh pagi sekitar pukul 03.00 Wib masuk ke hutan dan memulai pencarian hingga sekitar pukul 06 58 Wib.

Pencarian yang dilakukan tim Basarnas tak sia-sia, hingga berhasil menemukan para korban dalam keadaan selamat dan mengalami hipotermia ringan dan lemas berjarak sekitar 1 KM dari Pemandian air terjun Dwi Warna.

Para Korban yang Diselamatkan:
1. Marsel (lk) 17 thn (siswa) alamat Komplek Ambasador Medan kondisi cedera ringan
2. Haduan (lk) 17 thn (siswa) alamat Jln Menteng 7 Medan kondisi Lemas
3. Hagai Pinem (lk) 17 thn (siswa) alamat Flamboyan Raya kondisi cedera ringan
4. Yansen (lk) 30 thn (Guru Privat) alamat Kenanga Raya kondisi Cedera Ringan
5. Valentino (lk) 18 thn (Siswa) alamat Gaperta kondisi Cedera Ringan
6. David (lk) 17 thn (siswa) alamat HM. Joni Medan kondisi Cedera ringan
7. Farel (lk) 17 thn (siswa) alamat Gaperta Ujung Medan kondisi cedera ringan

Tim langsung melakukan penanganan selanjutnya dievakuasi ke posko Sibolangit guna penanganan lebih lanjut.(eva/ril/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles