17.6 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Sepanjang 2023, 100 Orang Tewas Dalam 460 Kasus Kecelakaan di Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald Sipanyung mengungkapkan, sepanjang tahun 2023 ada 460 kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya. Dari jumlah kasus tersebut, 100 orang meninggal dunia.

“Jadi cukup miris, rata-rata 8 orang meninggal setiap bulannya, yang artinya 2 orang tewas dalam seminggu diakibatkan kecelakaan,” kata Ronald saat paparan Refleksi Akhir Tahun Polres Simalungun, di Polsek Balata, Jorlang Hataran, Minggu (31/12/23).

Baca Juga: Polres Simalungun Selesaikan 2.016 Pengaduan Sepanjang 2023

Sebagian besar penyebab kecelakaan, kata Ronald, adalah faktor cuaca serta ruas jalan yang belum optimal. Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan upaya-upaya agar meminimalisir terjadinya kecelakaaan dalam berlalu lintas.

“Merazia pelajar yang naik ke atas kap angkutan umum, melakukan edukasi ke sekolah-sekolah, mengedukasi pengendara di jalan raya termasuk mengingatkan agar tidak memakai handphone saat berkendara,” ungkapnya.

Selain 100 orang meninggal dunia akibat kecelakaan, ada sebanyak 79 yang mengalami luka berat seperti, patah kaki, cacat seumur hidup dan juga beberapa kasus yang awalnya luka berat hingga akhirnya meninggal dunia.

Baca Juga: Soal Kutipan Pengawas, Korwas SMP Disdik Deli Serdang Siap Diperiksa Polisi

Ronald pun menegaskan, bahwa ketertiban lalu lintas harus dimulai sejak dini. Ia juga mengimbau agar seluruh masyarakat Simalungun menggunakan kendaraan bermotor dengan aturan yang berlaku.

“Menggunakan helm dan tidak berbonceng tiga bagi pengendara sepeda motor, kemudian kepada pengguna roda empat agar menggunakan safety belt dan tidak ugal-ugalan di jalan raya,” sebutnya. (Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles