10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pohon Tumbang yang Menimpa Rumah Warga di Humbahas Dibersihkan

Humbahas, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menurunkan alat berat backhoe loader, excavator dan chainsaw untuk membersihkan pohon tumbang yang menimpa 2 unit rumah warga di Dusun Sirogos Desa Hutaraja Kecamatan Dolok Sanggul akibat hujan deras dan petir, Minggu (11/4/22) kemarin.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala BPBD Kabupaten Humbahas Rommel Silaban, Senin (11/4/22) mengatakan hujan lebat dan angin kencang itu menumbangkan pohon besar sehingga pohon langsung menimpa rumah yang ada di sekitarnya.

“Peristiwa pohon tumbang itu, Minggu (10/4/22) sekitar pukul 13.00 WIB di Dusun Siregos Desa Hutaraja yang menimpa 2 unit rumah warga. Untung, tidak ada korban jiwa,” kata Rommel dalam keterangan persnya yang diterima wartawan.

Baca juga: Pohon Tumbang di Angkola Timur Akibatkan 2 Tiang Listrik Roboh

Untuk memindahkan pohon itu, pihaknya menurunkan alat berat backhoeloader dan alat berat excavator, serta chainsaw dalam melakukan pembersihan lokasi kejadian pohon tumbang. “Material pohon tumbang telah kita bersihkan pada Minggu (10/4/22) dan Senin (11/4/22),” katanya.

Rommel mengimbau masyarakat Humbahas untuk meningkatkan kewaspadaan dalam cuaca ekstrem. Dan, kepada masyarakat ia meminta agar melaporkan setiap ada kejadian kepada pihaknya. “Sesuai arahan Bupati Humbang Hasundutan, waspada terhadap potensi hujan disertai petir dan angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini. Dan, BPBD siap siaga dalam mengantisipasi bencana yang terjadi seperti pohon tumbang tersebut,” katanya.(dedy/hm09)

Related Articles

Latest Articles