16.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Pelaku Pungli di Jalan Sutomo Diamankan Polsek Medan Kota

Medan, MISTAR.ID

Polsek Medan Kota mengamankan seorang pria yang melakukan pungutan liar (pungli) terhadap sopir barang di depan Toko Maju Jaya di Jalan Sutomo, Kecamatan Medan Kota. Pelaku berinisial JS (52) warga Jalan Rakyat, Pelita VI, Kecamatan Medan Perjuangan.

Kanit Reskrim Polsek Medan Kota Iptu Bara Satya Negara mengatakan, pelaku ditangkap setelah videonya beredar luas di media sosial (medsos) Instagram.

“Kita bergerak ke lokasi untuk mencari informasi tentang pelaku dan korban yang ada di video viral di medsos itu,” ujarnya, Minggu (25/6/23).

Baca juga: Aksi Pungli di Medan Kembali Viral, Polisi Buru Pelaku

Bara mengatakan, pungli yang dilakukan pelaku terhadap korban terjadi, Kamis (22/6/23). Pihaknya kemudian menyisir lokasi dan menemukan pelaku sedang duduk di sebuah warung.

“Begitu ditemukan, pelaku langsung kita bawa ke Polsek Medan Kota,” ucapnya.

Dikatakan Bara, pihaknya kemudian mencari keberadaan korban setelah pelaku diamankan. Menurut pengakuan korban, saat itu dirinya sedang membongkar muatan lalu didatangi pelaku.

Baca juga: Disinyalir ada 3 Kelompok Kasus Pungli di Rutan KPK

“Jadi saat itu pelaku meminta uang bongkar muat sebesar Rp 100 ribu, lalu korban memberikan Rp 15 ribu. Pelaku tidak terima, kemudian keduanya terlibat cekcok,” sebutnya.

Bara mengatakan terhadap pelaku tidak dilakukan penahanan, karena korban tidak membuat laporan dan bersedia berdamai. Korban juga telah memaafkan, dan meminta pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Sebelumnya, seorang pria viral di media sosial saat melakukan pungli terhadap sopir yang melakukan bongkar muat di Jalan Sutomo Medan.

Baca juga: Pungli ‘Abang Jago’ Viral di Medan, Penjual Batagor Dipaksa Bayar Rp20 Ribu Tiap Hari

Dalam video tersebut, pelaku yang mengenakan kaos hitam dan mengenakan celana jeans itu mengaku anggota kepada korban. Ia menawarkan jasa kepada sopir dengan syarat dibayar dua ribu per kotak, sementara isi muatan mobil sebanyak 50 kotak.

“Dua ribu per kotak, kami yang bongkar,” kata pria yang pungli dalam video viral tersebut.

Sopir menolak lantaran ia ingin membongkar muatan itu sendiri, kemudian menawarkan uang kepada pria tua itu sebesar lima belas ribu, tetapi pria tua itu menolaknya.

Baca juga: Vidionya Viral di Medsos, Polsek Medan Sunggal Ringkus Pelaku Pungli

“Masa di situ nggak terima lima belas ribu cobalah, sementara kita capek yang bongkar lae,” jawab supir di dalam video tersebut. (ial/hm21).

Related Articles

Latest Articles