23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kasus Ledakan Pipa Gas PGN di RM Famili Masih Ditangani Tim Labfor

Medan, MISTAR.IR

Ledakan hebat terjadi di Jalan SM Raja, Kelurahan Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, tepatnya di Rumah Makan (RM) Famili, Senin (15/1/24) dinihari kemarin masih menyisakan tanya bagi sejumlah warga.

Pasalnya, ledakan itu merusakkan kurang lebih puluhan bangunan di sekitarnya. Hingga saat ini penyebab terjadinya ledakan belum terungkap terang-benderang. Polisi mengaku masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Kapala Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Kota, Kompol Selvitriansih ketika dikonfirmasi belum bersedia memberikan penjelasan rinci. Ia hanya mengatakan jika kasus tersebut sedang ditangani Tim Laboratorium Forensik (Labfor).

Baca Juga: Polisi Periksa Sejumlah Saksi Terkait Ledakan Pipa Gas PGN

“Sedang ditangani Labfor,” jawab Selvitriansih singkat kepada Mistar.id, Selasa (16/1/23).

Ditanya terkait sudah berapa saksi yang diperiksa dalam kasus tersebut, Selvi hanya mengirimkan emoticon jempol.

Untuk diketahui, ledakan hebat yang terjadi pada Senin dinihari kemarin itu. Diduga kuat berasal dari pipa Perusahaan Gas Negara (PGN) Medan, yang diduga mengalami gangguan lalu alami kebocoran. Akibat peristiwa itu, puluhan bangunan dan rumah warga alami kerusakan.

Polisi juga menyebut, dalam peristiwa itu ada satu orang gelandangan alami luka bakar dan kini ditengah dilarikan ke Rumah Saki yang ada di Kota Medan.

Baca Juga: Diduga Pipa Gas PGN Meledak di Jalan SM Raja, Warga: Seperti Gempa Bumi

Ari (20) warga yang tidak jauh bermukim di lokasi mengatakan kejadian itu terjadi pada Senin malam sekitar pukul 02.00 WIB. Kata Ari, saat ini seisi rumah dalam kondisi tertidur.

Seketika pada saat kejadian ada getaran hebat dan suara gemuruh yang terjadi hingga membuat warga dilokasi tersebut terkejut.

“Kami sekeluarga dan juga warga di sini keluar dari rumah masing-masing. Seperti korslet gitu Bang kalau bau gasnya nggak ada,” kata Ari (20) kepada Mistar.id, Senin siang.

Lanjut Ari, awalnya seperti suara petir gitu bahkan pihaknya juga mengira ada hujan deras. Setelah dicek, rupanya suara gas PGN yang juga mengeluarkan asap.

“Kami ke jalan lah kan, berjatuhan semua kaca-kaca di bangunan depan. Awalnya kami kira gempa gitu karena terangkat itu kan. Suaranya kayak suara petir gitu, mirip ledakan bom gitulah, tahu itu gas dari suaranya,” bebernya lagi.

Baca Juga: Insiden Ledakan di Jalan Sisingamangaraja Medan, PGN Lakukan Investigasi

Hal senada juga diungkapakn Bu Eli, yang rumahnya tepat berada di belakang bangunan RM Famili. Menurut Buk Eli, pada saat kejadian terdengar suara seperti suara air terjun.

“Macam air terjun gitu begitu setelah kejadian orang-orang di sini ber keluaran orang belakang juga keluar,” ucapnya.

Lanjut buk Eli, banyak rumah di bagian belakang alami kerusakan akibat peristiwa itu. Adapun yang mengalami kerusakan seperti di bagian plafon dan kaca-kaca rumah.

“Di belakang itu banyak juga yang kena, banyak juga yang rusak ke seperti plafonnya dan kaca-kaca. Kalua rumah plafon itu juga rusak,” tegasnya. (Matius)

Related Articles

Latest Articles