27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Modus Bisa Masukkan Jadi TNI, Pria asal Riau Berpangkat Mayjen Palsu Dibekuk

Medan, MISTAR.ID

Seorang pria asal Riau berinisial JJ mengaku sebagai anggota TNI AD berpangkat mayor jenderal untuk melakukan penipuan memasukan orang menjadi anggota TNI dibekuk Polisi.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy Jhon Marbun mengatakan kejadian ini bermula ketika JJ mendatangi Kodam I/BB untuk menemui Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam). JJ hendak menemui Kasdam untuk mengurus seseorang menjadi calon taruna Akmil dan calon tamtama TNI AD.

“Jadi ini mengaku sebagai anggota TNI aktif berpangkat mayor jenderal,” kata Teddy, Jumat (26/4/24).

Baca juga : Polda Sumut Limpahkan Berkas Kasus Penipuan Oknum Polisi ke Jaksa secara Terpisah

Kemudian Kasdam meminta anggotanya untuk memeriksa identitas JJ. Saat diperiksa, JJ memiliki pekerjaan sebagai TNI. Namun dari penelusuran, JJ telah mengubah identitasnya sebelum mendatangi Kodam I/BB.

Pengubahan identitas itu dilakukan JJ di Riau. Selain KTP, JJ juga mengubah identitas pekerjaannya di SIM A sebagai seorang TNI.

“Mengganti status pekerjaannya di KTP-nya yang awalnya itu status tersangka adalah wiraswasta dan diubah menjadi TNI dengan cara tersangka mengubah status identitas tersebut dengan men-scan dan mengedit status pekerjaannya,” jelasnya.

Related Articles

Latest Articles