18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

KPK Dalami Indikasi Keterlibatan Menhub di Suap Pembangunan Jalur Kereta

Jakarta, MISTAR.ID

Adanya indikasi keterlibatan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam kasus suap pembangunan jalur kereta dipastikan akan didalami pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan KPK, Asep Guntur di Jakarta, pada Senin (14/8/23/) menyampaikan, fakta-fakta persidangan itu tengah dipelajari.

“Saat ada saksi yang menyebut keterlibatannya, tentu nanti kita lihat fakta persidangannya seperti apa,” kata Asep.

Baca juga: Menhub Budi Karya Diperiksa KPK, ini Kasusnya

Dikatakan Asep, jaksa akan membuat laporan dalam persidangan kasus itu. Seluruh informasi termasuk keterlibatan pihak lain akan diusut untuk mengembangkan kasus dimaksud, apabila didapati bukti yang cukup.

Menurutnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) bakal membuat laporan perkembangan penuntutan sesuai fakta-fakta di persidangan.

“Yang bersangkutan dapat dipanggil dalam persidangan, jika jaksa dan hakim berniat mendalami keterlibatannya,” ucap Asep.

Baca juga: Dugaan Suap Jalur Kereta Api, Minggu Ini Menhub Diperiksa KPK  

Sangkaan keterlibatan Budi Karya mencuat, usai Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Harno Trimadi menyampaikan informasi itu ketika bersaksi.

Lembaga antirasuah ini sebelumnya telah memintai keterangan Budi Karya dalam mendalami kasus itu. Menhub diminta menjelaskan proses pengawasan pengerjaan proyek di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Begitu juga terkait bentuk pengawasan dan evaluasi atas pelaksanaan proyek tersebut. (mi/hm16)

Related Articles

Latest Articles