-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Banjir di Batu Bara, Ratusan Rumah dan Lahan Pertanian Terendam

Batu Bara, MISTAR.ID

Ancaman banjir terus menghantui warga sejumlah desa di beberapa kecamatan Kabupaten Batu Bara. Hujan deras yang terus mengguyur, mengakibatkan sungai meluap, menyebabkan tanggul sungai Sei Dalu Dalu Suka Raja tergerus air.

Airpun melimpah hingga ke pemukiman penduduk, diperkirakan lebih dari 100 rumah warga di 4 kecamatan terendam air yang membanjiri pemukiman hingga sebatas lutut orang dewasa.

Baca Juga: Banjir Bandang Sungai Bah Tongguran, Kapolsek: Ternak Warga dan Rumah Makan BPK Habis Disapu Air

Kondisi tersebut diperkirakan akan semakin parah seiring masih tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir.

Informasi dari lapangan dihimpun Mistar, Selasa (24/11/20), banjir terlihat melanda wilayah Desa Gunung Bandung, Pasir Permit dan Desa Benteng Titi Merah, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara.

Banjir juga diinformasikan menerjang permukiman warga di Desa Nenas Siam Kecamatan Medang Deras, Desa Padang Genting Kecamatan Talawi serta Kuala Gunung Kecamatan Datuk Lima Puluh.

Baca Juga: 4 Desa Diterjang Banjir Bandang di Langkat

Selain rumah penduduk, lahan pertanian warga juga terendam air sehingga para petani terancam gagal panen.

Camat Lima Puluh Pesisir Syafrizal dikonfirmasi melalui telepon membenarkan empat desa diwilayah kecamatannya terkena banjir. Itu diakibatkan tingginya curah hujan sejak dua hari terakhir.

Selain itu tingginya curah hujan sambung Camat, genangan air di permukiman warga juga diakibatkan saluran yang tak mampu menampung debit air hingga saat ini ketinggian air sudah mencapai 20 cm.

“Belum diketahui persis jumlah rumah penduduk yang terkena banjir. Namun saat ini kami sedang melakukan pendataan yang selanjutnya akan disampaikan ke Badan Penanggulangan Bemcana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Batu Bara,” pungkas Camat.(ebson/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles