28.5 C
New York
Saturday, May 25, 2024

Massa KNPI Palas Minta Inspektur Dicopot

Palas, MISTAR. ID

Ratusan massa beratribut KNPI melakukan aksi unjuk rasa (unras) ke Kantor Bupati Padanglawas (Palas), Rabu (15/5/24) sekitar pukul 10.00 Wib.

Mereka meminta Pj Bupati Edy Junaedi Harahap mencopot Harjusli Fahri Siregar dari jabatannya sebagai Inspektur Kabupaten Padanglawas.

Massa aksi DPD KNPI Palas menilai selama menjabat, Inspektur Palas tidak maksimal serta tidak paham tupoksi dalam melakukan pengawasan anggaran, baik anggaran dana desa, transparansi pengawas hingga informasi pelayanan publik di Kabupaten Palas.

Baca juga : Selain Minta Dicopot, KNPI Palas akan Laporkan Inspektur ke KIP Sumut

“Tidak terbukanya informasi pengawasan yang dilakukan menandakan Inspektorat Palas lemah, apa prestasinya, sebutkan satu desa saja yang berhasil, meski dana desa sudah menghabiskan anggaran hingga triliunan rupiah, copot Inspektur Harjusli Fahri Siregar,” kata orator dalam unras itu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Satpol PP Damkar Palas, Agus Saleh Putra Daulay mengatakan akan menyampaikan tuntut massa ke Pj Bupati Palas dan Sekda.

“Mengenai pencopotan Inspektur itu adalah kewenangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam hal ini pak Pj Bupati. Walau demikian, kami berjanji tuntutan rekan-rekan KNPI akan kami sampaikan ke pak Pj Bupati dan pak Sekda,” sebutnya.

Baca juga : DPD KNPI Palas Minta Pj Bupati Copot Inspektur

Massa aksi menegaskan apabila tuntutan tidak segera direalisasikan, maka dalam waktu dekat DPD KNPI akan melaksanakan aksi unras dengan massa yang lebih banyak lagi sembari membubarkan barisan aksi secara tertib.

Inspektur Kabupaten Padanglawas, Harjusli Fahri Siregar saat dimintai tanggapan terkait aksi unjuk rasa yang dilakukan KNPI melalui telepon selulernya dan pesan WhatsApp belum ada tanggapan. (iskandar/hm18)

Related Articles

Latest Articles