27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Baim Wong Lega, Pelaku Penipuan Atas Nama Dirinya Sudah Tertangkap di Medan

Asahan, MISTAR.ID

Pelaku penipuan dengan modus giveaway mengatasnamakan Baim Wong yang telah menipu korbannya hingga puluhan juta kini tertangkap di Medan.

Hal terebut diketahui setelah Baim Wong menelpon salah seorang korban dan diunggah di akun Instagram pribadinya yang dilihat oleh wartawan, Rabu (22/3/23).

Selain mengunggah percakapan di video, Baim Wong juga membagikan tangkapan layar percakapannya dengan seseorang di WhatsApp dan tertulis korban bernama Evi Afriyanti yang diketahui berdomisili di Sumatera Utara (Sumut).

Baca Juga:Korban Penipuan Giveaway yang Mengatasnamakan ‘Baim Wong’ Belum Bikin Laporan ke Polisi

“Mbak Evi saya mau tanya, itu tadikan dipanggil Polda (Sumut) ya,” tanya Baim Wong dalam percakapan teleponnya yang diunggah di Instagram.

“Berarti sudah ditangkap ya orangnya,” tanya Baim Wong menegaskan lagi.

“Sudah mas, Alhamdulillah,” balas Evi dalam percakapan suara telepon itu.

Dalam percakapan itu, Baim pun melarang Evi untuk berdamai dengan pelaku. Sebab ada permintaan damai dari pelaku yang telah ditangkap ini.

“Jangan, jangan mau. Gak usah. Jangan damai bilang. Nanti orangnya kebiasaan buk,” kata Baim Wong.

Baim Wong juga mengatakan, tindakan penipuan mengatasnamakan dirinya itu banyak merugikan banyak orang lain selain nama baik dirinya.

Ia juga mengatakan, siapa saja yang tertipu agar menghubungi dirinya dengan menyimpan bukti-bukti yang ada agar bekerjasama dengan Polisi menangkap pelaku penipuan terebut.

Berdasarkan informasi diperoleh, pelaku penipuan yang ditangkap Polda Sumut itu seorang pria berinisial MK (25) warga Tanjungbalai.

“Pelapor ditawari hadiah uang sebesar Rp20 juta dari program Give Away Baim Wong, tapi tidak kunjung diterima,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Baca Juga:Warga Tanjung Balai Ngaku ‘Baim Wong’, Tipu Korban Hingga Ratusan Juta

Kasus penyebaran berita bohong (hoaks) dan penipuan itu dilaporkan sesuai LP nomor:LP/B/2279/XII/2022/SPKT/Polda Sumatera Utara, tanggal 30 Desember 2022.

Masyarakat yang menjadi korban penipuan mengatasnamakan Baim Wong juga dialami oleh seorang ibu rumah tangga (IRT) istri penjual rujak di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara bernama Lena.

Lena tertipu usai melakukan transfer sebanyak lima kali ke orang yang berbeda-beda dan mengalami kerugian sebesar Rp21,5 juta yang seluruh uang tersebut merupakan hasil tabungannya dari menyimpan emas.

Lena kemudian mengunggah sebuah video di media sosial untuk meminta bantuan kepada Baim Wong karena telah menjadi korban penipuan.

“Mohon bantuannya Pak Baim Wong yang asli, saya sudah jadi korban penipuan yang mengatasnamakan giveaway Baim Wong,” kata Lena dalam sebuah video yang dibagikannya.

Dalam video tersebut, tampak Lena bersama anaknya menunjukkan beberapa tulisan di kertas karton dengan narasi, ia telah menjadi korban penipuan dilengkapi dengan beberapa bukti transfer.

Saat ditemui di rumahnya, Lena menangis menceritakan saat dirinya tak sadar masuk perangkap komplotan penipuan giveaway tersebut. Awalnya Lena mendapatkan informasi dari temannya di facebook.

Baca Juga:IRT di Asahan Tertipu Undian Hadiah “Baim Wong” hingga Uang Rp21,5 Juta Lenyap, ini Kisahnya

“Suami cuma tukang rujak keliling pak. Itu semua uang hasil jual tabungan emas saya Rp19 juta. Sisanya uang kontan,” kata Lena kepada wartawan.

Lena menceritakan kejadian penipuan tersebut dialaminya pada bulan Januari 2023 lalu. Lena mengaku percaya dengan program giveaway Baim Wong tersebut, sebab suami Paula itu memang kerap memberikan acara berbagi rejeki kepada masyarakat.

Ketika ditanya untuk membuat laporan ke polisi atas kasus penipuan itu, Lena mengaku masih trauma dan beralasan tidak punya uang lagi.

“Nggak punya uang lagi kami pak, untuk ngurus-ngurus (bikin laporan ke polisi) kan pakai biaya juga. Saya transfernya itu di warung, kami harus minta orang warung lagi untuk cek rekening korannya biar jadi bukti dan macam macamlah itu juga semua pakai uang,” kata dia. (perdana/hm12)

Related Articles

Latest Articles