10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

Anak AKBP Achiruddin Hasibuan Bermohon 6 Hal ke Majelis Hakim

Medan, MISTAR.ID

Anak AKBP Achiruddin Hasibuan, yakni Aditiya Abdul Ghany Hasibuan alias Aditiya Hasibuan dalam sidang pembacaan eksepsi melalui Kuasa Hukumnya memohonkan 6 hal kepada Majelis Hakim.

Dalam prosesnya yang digelar di ruang sidang Cakra 9 Pengadilan Negeri (PN) Medan, pada Rabu (5/7/23), permohonan dibacakan Sugianto SP Nadeak selaku Kuasa Hukum terdakwa.

“Kami selaku Penasihat Hukum terdakwa mengajukan permohonan kepada Majelis Hakim PN Medan yang memeriksa, mengadili dan memutus perkara a quo agar berkenan untuk menjatuhkan putusan sela,” ucapnya.

Baca juga: Pembacaan Eksepsi, Kuasa Hukum Aditiya Hasibuan Sebut Berbagai Kejanggalan Dakwaan JPU

Sugianto pun memaparkan permohonan untuk kliennya. Pertama, memohon kepada Majelis Hakim menerima dan mengabulkan keberatan atau eksepsi dari Aditiya untuk seluruhnya.

“Kedua, menyatakan surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) No. Reg. Perkara: PDM-381/Eoh.2/05/2023 atas nama terdakwa Aditiya Abdul Ghany Hasibuan batal demi hukum atau setidaknya-tidaknya tidak dapat diterima,” tutur Sugianto.

Kemudian, ketiga, menetapkan pemeriksaan terdakwa tidak dilanjutkan. “Keempat, membebaskan terdakwa dari segala dakwaan JPU. Kelima, memulihkan nama baik, harkat, serta martabat terdakwa dengan segala akibat hukumnya,” lanjut Sugianto.

Baca juga: Kuasa Hukum Aditiya Hasibuan Sampaikan Tujuan Ajukan Eksepsi

Terakhir yang keenam, Sugianto memohon seluruhnya biaya perkara dibebankan kepada negara atau apabila Majelis Hakim berpendapat lain, maka Kuasa Hukum memohon putusan yang seadil-adilnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kuasa Hukum Aditiya mengajukan eksepsi bertujuan untuk membantah dakwaan pasal berlapis yang dijatuhkan JPU.

Diketahui, JPU mendakwa Aditiya dengan pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan dan pasal 406 ayat 1 tentang pengrusakan barang milik orang lain. Dakwaan tersebut buntut dari perkelahiannya dengan Ken Admiral. (deddy/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles