14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

UU Baru Soal Kripto Disahkan: Bisa Bayar Utang

Jakarta, MISTAR.ID

Kantor Bitcoin Nasional El Salvador bakal mulai menerbitkan obligasi. Hal itu sejalan dengan disahkannya undang-undang soal kripto untuk melindungi transfer atau masalah pembayaran utang dengan cryptocurrency, termasuk Bitcoin.

Laporan AFP menyatakan UU dengan 47 pasal tersebut mendapat dukungan 62 suara dari 84 kursi di kongres.

“Majelis Legislatif El Salvador baru saja menyetujui, dengan suara mayoritas, Undang-Undang Sekuritas Digital yang baru! Maju, selalu terdepan,” tulis Presiden El Salvador Nayib Bukele di Twitter, Kamis (12/1/23).

Baca Juga:Pil Pahit Kripto di Awal 2023 dengan arus keluar, PHK dan gugatan

UU tersebut didukung oleh anggota parlemen dari partai berkuasa yang bersekutu dengan Presiden Nayib Bukele. Tujuan UU tersebut selain untuk menarik investor nasional dan asing, juga untuk menciptakan peluang pembiayaan baru bagi warga negara, perusahaan, dan pemerintah.

Dengan disahkannya UU ini, Kantor Bitcoin Nasional El Salvador bakal mulai menerbitkan obligasi. Obligasi tersebut ditargetkan bisa mengumpulkan sekitar US$1 miliar untuk negara.

“Tujuan undang-undang ini adalah untuk menetapkan kerangka hukum yang memberikan kepastian hukum untuk mengalihkan operasi ke setiap judul aset digital yang digunakan dalam penawaran penerbitan publik,” menurut undang-undang tersebut dikutip dari media, Jumat (13/1/23).

UU tersebut juga menetapkan pembentukan Komisi Nasional untuk Aset Digital dan Badan Administrasi Dana Bitcoin. Kedua lembaga tersebut akan bertugas mengelola, mengamankan, dan menginvestasikan dana dari penawaran umum aset digital yang dilakukan oleh pemerintah.

Sebelumnya, pada November 2021, Bukele mengumumkan pembangunan Kota Bitcoin di timur El Salvador, tepatnya di Departemen La Union. Nantinya, kota ini akan menggunakan energi panas bumi dari gunung berapi di wilayah tersebut.

Baca Juga:Dipimpin Ethereum Harga Kripto Ikut Bangkit

El Salvador memang penuh gebrakan. Mereka menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal pada September 2021. Penggunaan Bitcoin disandingkan dengan dolar AS yang diadopsi El Salvador sebagai mata uangnya sejak 2001.

Bahkan, Bukele telah membeli 2.381 bitcoin seharga US$107 juta. Bukele juga sempat mengumumkan bahwa pemerintahannya akan membeli satu bitcoin sehari, meski tidak menyebutkan sampai berapa lama.

Namun, Bitcoin saat ini diperdagangkan di bawah US$20 ribu per keping. Padahal sebelumnya sempat mencapai US$68 ribu per keping pada November 2021.(cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles